kehamilan

Kuku Janin Tumbuh Lebih Dulu Dibanding Rambut? Simak Faktanya

Asri Ediyati Minggu, 20 Jan 2019 17:00 WIB
Kuku Janin Tumbuh Lebih Dulu Dibanding Rambut? Simak Faktanya
Jakarta - Takjub rasanya melihat pertumbuhan dan perkembangan janin selama sembilan bulan. Dimulai dari sel-sel kecil sampai akhirnya berbentuk manusia secara utuh ya, Bun. Di baik perkembangan yang terjadi secara bertahap, ternyata ada beberapa fakta yang menarik untuk disimak lho.

Di antaranya seputar perkembangan kuku si kecil. Jadi, 'tunas' kuku tangan dan kaki bayi mulai terlihat pada minggu ke-11 kehamilan. Itu artinya kuku terbentuk lebih dulu dibanding rambut, Bun. Dilansir What to Expect, kuku bayi akan tumbuh terus sejak minggu ke-12.

Semakin penasaran ya, Bun? Untuk lebih lengkapnya, berikut penejlasan mengenai perkembangan kuku janin dari trimester awal hingga akhir dikutip dari The Bump.


1. Trimester satu

Sekitar minggu ke 11, lapisan sel di bawah jari tangan dan jari kaki mulai terbentuk. Kemudian di minggu ke-12, lapisan sel di atas jari mulai tumbuh.

2. Trimester dua

Kemudian pada trimester kedua, kuku-kuku kecil akan tumbuh. Namun, masih transparan, sama seperti kulitnya, Bun.

"Pada 20 minggu, Anda dapat melihat kuku dan kuku dengan jelas. Pada titik ini mereka masih sangat lunak dan tembus cahaya, mirip dengan kulit janin," kata Stephen Emery, MD, asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Rumah Sakit Magee-Womens UPMC di Pittsburgh.
Kuku Janin Tumbuh Lebih Dulu Dibanding Rambut? Simak FaktanyaKuku Janin Tumbuh Lebih Dulu Dibanding Rambut? Simak Faktanya/ Foto: Thinkstock

3. Trimester tiga

Kuku akan mengeras dan menebal selama trimester ketiga. Meskipun begitu kuku masih cukup lunak dan fleksibel saat lahir dibandingkan dengan kuku anak-anak yang lebih tua.

Ingin kuku si kecil sehat dan berkembang sempurna? Kuncinya cuma satu, Bun yakni konsumsi makanan sehat dan bergizi. Pola makan sehat bisa mendukung perkembangan bayi secara keseluruhan, termasuk pembentukan kulit, rambut dan kuku.

Jadi, usahakan selalu fokus pada konsumsi makanan yang seimbang sebelum dan selama kehamilan. Tiap konsultasi ke dokter kandungan, jangan lupa tanyakan mengenai vitamin apa yang harus dikonsumsi sebelum melahirkan. (aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi