kehamilan

Kenali 5 Gejala Unik di Awal Kehamilan Yuk, Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 24 Jan 2019 15:03 WIB
Kenali 5 Gejala Unik di Awal Kehamilan Yuk, Bun
Jakarta - Setiap kehamilan, memiliki keunikan masing-masing ya, Bun. Pengalaman setiap ibu hamil akan berbeda dengan lainnya. Misalnya saja mengalami hypersaliva. Seperti dialami Shireen Sungkar, yang terus ingin meludah di kehamilan ketiganya.

Keluhan yang paling umum yaitu mengalami kaki kram dan bengkak. Namun, pengalaman ini belum tentu dirasakan wanita hamil lainnya ya, Bun. Menurut Clearblue, hal ini disebabkan karena adanya perubahan cara tubuh memproses kalsium.


"Banyak kalsium yang didapatkan dalam diet normal yang digunakan tubuh untuk membantu mengembangkan tulang, gigi, dan organ bayi. Ini mengurangi bagian kalsium tubuh dan membuat tulang serta otot Anda lemah," kata Dr M.D. Mazumdar, konsultan ginekolog senior di SM Polyclinic, dikutip dari Independent.


Selain gejala tersebut, masih banyak ciri yang dirasakan ibu selama kehamilan. Kalau Bunda merasakan satu diantara gejala berikut, mungkin sedang mengandung ya. Langsung cek yuk!

Kenali 5 Gejala Unik di Awal Kehamilan Yuk, Bun Ciri kehamilan yang unik/ Foto: iStock

1. Morning sickness jarang terjadi di pagi hari

Sebagian besar wanita mengalami gangguan ini sepanjang hari lho, Bun. Bisa mulai terasa di pagi hari sejak bangun tidur, siang hari, sore hari, atau bahkan malam hari. Dikutip dari Parent 24, biasanya serangan morning sickness ini dialami sepanjang trimester pertama kehamilan.

2. Hormon membuat payudara lebih besar

Estrogen menstimulasi pembesaran dan perkembangan payudara untuk menyusui. Jadi, jangan kaget kalau payudara Bunda akan terlihat lebih besar dari ukuran sebelum hamil.

3. Tubuh jadi lebih cepat lelah

Jantung dan pembuluh darah harus mengangkut lebih banyak oksigen, tidak hanya ke janin, tetapi juga ke semua organ yang terlibat. Perubahan-perubahan ini merupakan penyebab dari banyak gejala yang tidak menyenangkan di awal kehamilan Bun, seperti sakit kepala, pusing, mual, kelelahan, sembelit, kembung, dan sebagainya.

4. Mengidam

Sudah bukan hal yang aneh ya, Bun, kalau wanita hamil mengalami ngidam. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami perubahan dalam preferensi selera makan saat hamil, Bun. Ada kalanya, makanan yang sebelumnya sangat disukai untuk sementara menjadi makanan yang dibenci.

5. Perubahan suasana hati

Tubuh wanita hamil akan mengalami peningkatan dramatis dalam hormon estrogen dan progesteron dalam darah. Hal ini pun dapat menyebabkan perubahan suasana hati selama awal kehamilan lho, Bun. Makanya, mood Bunda pun jadi mudah naik turun alias yoyo kan?



(rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi