Sign Up search


kehamilan

Bunda, Simak Tips Meredakan Kesemutan Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 25 Jan 2019 16:09 WIB
Bunda, Simak Tips Meredakan Kesemutan Saat Hamil caption
Jakarta -

Bun, pernah merasakan kesemutan saat hamil? Duh, pasti nggak enak banget ya rasanya. Apalagi kalau kesemutan menyerang, saat kita sedang asyik melakukan aktivitas. Seperti misalnya saat sedang berjalan atau melakukan pekerjaan lainnya.

Kalau Bunda sedang merasakan kesemutan, sebaiknya hati-hati saat ingin berjalan. Ada baiknya ketika kesemutan dirasakan, Bunda menepi terlebih dulu dan beristirahat sejenak hingga rasa kesemutan di kaki Bunda menghilang.

Melansir Parenting Firstcry, kesemutan atau mati rasa selama kehamilan adalah hilangnya sensasi atau perasaan seperti sedang ditusuk jarum di tangan, lengan, kaki dan area tubuh lainnya. Kesemutan merupakan gejala umum, yang banyak dirasakan ibu hamil, sebagai akibat pembengkakan bagian tubuh yang menekan saraf atau membatasi aliran darah.

Tapi, nggak perlu khawatir berlebihan karena kesemutan yang dirasakan ibu hamil bukanlah gejala yang aneh. Gejala ini merupakan gejala kehamilan yang umum kok, Bun. Mengutip The Bump, dijelaskan Sarah Prager, MD, asisten profesor di Departemen Obstetri dan Ginekologi di University of Washington, banyak wanita hamil mengeluhkan kesemutan di malam hari atau pertama kali bangun di pagi hari.

Gejala kesemutan baik di kaki ataupun tangan memang terjadi karena beberapa alasan, Bun. Biasanya, hal itu dikarenakan terkait hormon kehamilan dan perubahan tubuh itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Bunda pahami, mengenai penyebab dan cara mencegah serangan itu terjadi.

Sirkulasi yang buruk

Ukuran berat janin yang terus bertambah, sering mengakibatkan tekanan pada berbagai vena dan arteri di tubuh, Bun. Akibatnya, sirkulasi memburuk sehingga menyebabkan pembengkakan dan kesemutan seperti yang Bunda alami. Masalah ini kemungkinan besar akan mengganggu ketika berada di satu posisi untuk waktu yang lama. Seperti duduk di pesawat atau berdiri untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pencegahan

Kesemutan yang sering menyerang memang menimbulkan ketidaknyamanan ya, Bun. Tapi Bunda nggak perlu khawatir, karena kesemutan bisa dicegah. Jika kaki kesemutan disebabkan adanya sirkulasi yang buruk, maka Bunda disarankan untuk terus bergerak. Pastikan bahwa darah terus mengalir ke kaki Bunda, untuk membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi efek dari perut Bunda yang terus berkembang. Jika Bunda tetap pada satu posisi yang sama untuk durasi yang lama, gunakan stocking kompresi dimana dapat membantu meningkatkan sirkulasi.

Meredakan Kesemutan, yang Sering Bikin Ibu Hamil Nggak NyamanKesemutan saat hamil/ Foto: Istock


Namun, jika kesemutan terasa sudah sangat mengganggu dan berlangsung terus hingga waktu lama. Segera periksa ke dokter, untuk memastikan jika kesemutan bukan gejala Carpal Turnel Syndrome (CTS). Gangguan kehamilan yang satu ini kerap dirasakan saat memasuki trimester ketiga, bersamaan dengan janin yang makin membesar.

"Gejala yang paling umum termasuk rasa sakit, mati rasa dan kesemutan di ibu jari, telunjuk, tengah dan jari manis. Sedangkan pada malam hari, biasanya kita sering tidur dengan pergelangan tangan yang melengkung (atau tertekuk) sehingga menekan saraf lebih banyak," tulis Rachel ohde, MD seorang ahli bedah Ortopedi, dikutip dari Share Care.

Kini nggak perlu khawatir lagi ya, Bun, kalau kesemutan menyerang. Sudah tahu kan bagaimana cara mengatasinya? Selamat menikmati masa-masa kehamilan dengan segala proses indahnya ya, Bun.


(rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi