sign up SIGN UP search


kehamilan

Berbahayakah Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 27 May 2021 14:22 WIB
Shot of a young pregnant woman feeling unwell while working from home caption

Jakarta - Selama hamil, banyak perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh Bunda. Di antaranya adalah rasa ngilu dan sakit di pergelangan hingga buku-buku tangan. Rasa tidak nyaman ini banyak dikaitkan dengan CTS, Bunda. Apa sih itu?

CTS atau Carpal Tunnel Syndrome merupakan kondisi yang menyakitkan dan profesif yang terjadi saat saraf median di pergelangan tangan tertekan. Hal ini pun menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Carpal Tunnel Syndrome sendiri dapat terjadi saat saraf membengkak, tendon meradang, atau sesuatu yang menyebabkan pembengkakan di carpal tunnel. Gejalanya berupa kesemutan, rasa terbakar, atau gatal dan mati rasa di telapak tangan dan jari-jari tangan, terutama ibu jari dan jari telunjuk.


The National Institute of Neurological Disorders and Stroke menggambarkan carpal tunnel syndrome sebagai gangguan neuropati yang paling umum dan dikenal luas di mana saraf tepi tubuh terkompresi atau mengalami trauma, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Banner YouTuber Tampan SemarangBanner YouTuber Tampan Semarang/ Foto: HaiBunda

Gangguan carpal tunnel syndrome biasanya berkembang antara usia 45 dan 64 tahun dan prevalensinya meningkat seiring pertambahan usia. Gangguan tersebut bisa muncul di satu atau kedua pergelangan tangan. Lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Tanpa pengobatan, gangguan carpal tunnel syndrome dapat berdampak negatif pada hidup seseorang. Sebab, saraf median bisa rusak parah, dan mungkin ada mati rasa permanen pada jari dan kelemahan permanen pada otot yang dipersarafi oleh saraf median.

"Carpal tunnel syndrome memiliki gejala klasik, yang meliputi mati rasa dan kesemutan di ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis," kata Dr Tamara Rozental, profesor bedah ortopedi di Harvard Medical School, seperti dikutip dari laman Health Harvard.

Wanita sendiri cenderung lebih rentan terhadap carpal tunnel syndrome karena faktor risiko, seperti kehamilan. Faktor risiko lainnya termasuk diabetes, kista, minum alkolhol, kelebihan berat badan, penyakit tiroid, dan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk informasi mengenai kaki bengkak saat hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGENAL CTS PADA IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi