kehamilan

Hamil Tapi Kok Perut Belum Kelihatan Buncit?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 30 Jan 2019 20:06 WIB
Hamil Tapi Kok Perut Belum Kelihatan Buncit?
Jakarta - Dalam kondisi hamil, sudah pasti perut akan membuncit seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun, pada beberapa ibu hamil, perut kadang belum terlalu membuncit meski usia kehamilan lebih dari trimester pertama.

Alhasil, pertanyaan 'Kok hamilnya nggak kelihatan' bisa terlontar dari orang lain. Hiks, sedih ya. Bunda mesti tahu, tinggi badan, berat, dan tebal kulit perut saat hamil memengaruhi penampakan besar kecilnya perut. Hal ini disampaikan dr Irfan Rahmatullah, SpOG.

"Jika berat ibu agak kurus, mungkin hamil empat atau lima bulan perut sudah kelihatan mulai membuncit. Tapi kalau sebelum hamil ibu sudah gemuk, mungkin enam bulan kehamilan baru perut mulai kelihatan membuncit," kata dr Irfan, dikutip dari bukunya 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap.

Dr Irfan berpesan, ibu hamil nggak perlu khawatir selama pemeriksaan USG menunjukkan berat janin sesuai dengan usia kehamilannya. Buncit atau nggaknya perut ibu hamil, kata dr Irfan, nggak ada pengaruhnya dengan berat badan janin.


Dikutip dari detikcom, dr Aryando Pradana, SpOG, atau biasa disapa dr Nando, dari RSIA Bunda Menteng, mengatakan bahwa rahim akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun, proporsinya pada satu wanita dengan yang lain sama saja.

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Toh yang membedakan besarnya perut ibu hamil bukan besarnya rahim, melainkan karena ketebalan lapisan lemak di perutnya. Tak heran bila kemudian baby bump yang dimiliki setiap wanita juga beragam.

"Makanya, ada orang yang berbadan kecil tapi baru mengandung beberapa bulan perutnya sudah membesar, atau orang yang berbadan besar tapi perutnya tak terlalu besar, padahal usia kehamilannya sudah berapa bulan," papar dr Nando.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi