sign up SIGN UP search

kehamilan

Kehamilan Minggu ke-5: Kantong Janin Sudah Terlihat dan Bunda Mulai Ngidam Nih!

Nanie Wardhani Minggu, 14 Nov 2021 07:00 WIB
Picture. Ultrasound. Pregnant Girl. Motherhood. Doctor Show. Consultation. Gynecology. Hospital. Doctor. Clinic. Gynecologist. Medical Advice. Woman. White Coat. Have Fun. Childbirth. Belly. Fan. Ilustrasi hasil USG/Foto: Getty Images/iStockphoto/vadimguzhva

Jakarta -  Bunda, memasuki kehamilan minggu ke-5, ada banyak perkembangan yang terjadi pada janin. Biasanya, di usia kehamilan tersebut, kantong janin sudah mulai terlihat. Kantong janin atau yang biasa dikenal kantong kehamilan ini memiliki fungsi penting membungkus bayi yang sedang berkembang dan berisi cairan ketuban.

Dikutip dari Very Well Family, kantong janin adalah salah satu tanda pertama kehamilan yang dapat dilihat pada USG transvaginal. USG transvaginal umumnya digunakan karena ultrasonografi perut kurang akurat pada awal kehamilan.

Kantong janin biasanya terlihat pada USG pada usia kehamilan 5 minggu tetapi kadang-kadang bisa juga terlihat pada usia kehamilan 3 minggu. 


Ketika diidentifikasi pada USG, diameter kantong janin biasanya sekitar 2 hingga 3 milimeter dan terlihat sebagai tepi putih di sekitar pusat yang jelas di dalam rahim Bunda. Jika Bunda juga menjalani tes kehamilan kuantitatif (tes hCG serum), kantong janin biasanya terlihat saat kadar hCG telah mencapai 1.500 hingga 2.000.

Langkah selanjutnya pada USG biasanya terlihat kantong kuning telur di dalam kantong janin. Kantong kuning telur berfungsi sebagai makanan untuk embrio yang sedang berkembang dan biasanya dapat dilihat pada usia kehamilan 5,5 hingga 6 minggu pada USG transvaginal.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Terkadang, kantong janin juga bisa tidak terlihat saat melakukan USG di kehamilan 5 minggu. Nah, kira-kira apa saja penyebab kantong janin tidak terlihat saat USG ya, Bunda? Yuk Bunda kita pelajari bersama, berikut beberapa alasannya dikutip dari Healthline.

1. Bunda mungkin terlalu dini melakukan USG

Bunda mungkin salah menghitung hari jika Bunda tidak dapat melihat kantong janin. Sesuatu yang sederhana seperti salah tanggal mungkin menjadi alasan mengapa Bunda tidak melihat apa pun selama USG saat kehamilan usia 5 minggu. Ini biasa terjadi dan ada hubungannya dengan kadar human chorionic gonadotropin (hCG) Bunda. HCG adalah hormon sama yang mengonfirmasi kehamilan dari urine pada tes kehamilan.

2. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik mungkin menjadi alasan mengapa Bunda tidak melihat apa pun selama USG 5 minggu. Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi berimplantasi dan tumbuh di bagian luar rongga utama rahim. Kehamilan itu memerlukan perawatan dan dapat menyebabkan pendarahan hebat di dalam perut. Sebagian besar kehamilan ektopik terjadi di tuba fallopi.

3. Keguguran

Penurunan kadar hCG dan ketidakmampuan untuk menemukan kantong janin juga dapat menunjukkan keguguran dini. Keguguran terjadi ketika sel telur yang dibuahi tidak terbentuk dengan benar membentuk embrio.

Pendarahan vagina adalah tanda umum keguguran, tetapi bukan merupakan gejala unik untuk keguguran – pendarahan vagina dapat berarti sesuatu yang lain dalam kehamilan Bunda.

Setelah mempelajari penjelasan tentang pentingnya kantong janin yang harusnya mulai terlihat di usia kehamilan 5 minggu, waspada ya Bunda jika kantong janin tidak terlihat saat USG. Namun, Bunda harus tetap tenang dan segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Lalu perubahan apa sajakah yang akan terjadi pada tubuh Bunda saat hamil 5 minggu? Simak lengkapnya di halaman berikut ya Bunda.

Simak juga video tentang 5 fungsi plasenta untuk perkembangan janin di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUBAHAN TUBUH BUNDA SAAT HAMIL 5 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!