kehamilan

Mau Hamil? Coba Kurangi Konsumsi Junk Food Ya, Bun

Tia Reisha Selasa, 19 Feb 2019 10:39 WIB
Mau Hamil? Coba Kurangi Konsumsi Junk Food Ya, Bun
Jakarta - Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food memang enggak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi Bunda yang ingin segera memiliki momongan.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengatakan dalam sebuah jurnal terbaru di Australia, disebutkan wanita yang sering mengkonsumsi junk food mempunyai risiko 2 kali lebih sulit untuk hamil.

"Dikatakan sering adalah jika mengkonsumsi junk food lebih dari 4 kali seminggu. Disebutkan yang termasuk makanan junk food ini adalah burger, pizza, dan fried chicken," ujarnya kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Menurut Muliaman, junk food harus dihindari atau dikurangi karena makanan ini biasanya menagndung lemak, gula, dan garam yang tinggi. Hal tersebut tentu akan memengaruhi kesuburan dan kematangan sel telur wanita. Jadi, secara enggak langsung mengurangi junk food kita juga mengurangi konsumsi lemak, gula, dan garam, Bun.

"Ketiga bahan ini di samping memengaruhi kesuburan dan sel telur juga akan memengaruhi metabolisme tubuh. Terlalu banyak konsumsi ketiga bahan tersebut akan mengubah atau mengacaukan metabolisme tubuh. Sehingga, bisa terjadi gangguan metabolisme dan pada akhirnya bisa juga mengakibatkan berat badan yang bertambah," sambung Muliaman.


Untuk itu, kalau Bunda ingin segera hamil, disarankan mengurangi konsumsi junk food karena sudah seharusnya wanita yang ingin memiliki keturunan untuk mulai memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang. Muliaman menambahkan, persiapan kehamilan harus dilakukan sejak 3 - 4 bulan sebelumnya, Bun.

"Periode ini sangat penting terutama persiapan fisik, mental dari calon ibu. Salah satunya adalah nutrisi harusnya mulai dipersiapkan seperti nutrisi makro dan nutrisi mikro asam folat, zink, kalsium, zat besi dan antioksidan," sambung Muliaman.

Agar semua asupan tersebut terpenuhi, Bunda bisa mulai mengonsumsi susu persiapan kehamilan seperti Prenagen Esensis. Susu rendah lemak ini mengandung asam folat, zinc, dan nutrisi lengkap lain untuk menjaga sistem reproduksi serta daya tahan tubuh agar siap bagi tumbuh kembang janin.


(mul/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi