kehamilan

Kiat Meningkatkan Kesuburan Tubuh Agar Cepat Hamil

Tia Reisha Rabu, 06 Feb 2019 19:01 WIB
Kiat Meningkatkan Kesuburan Tubuh Agar Cepat Hamil
Jakarta - Setiap wanita pasti ingin dikaruniai atau menambah keturunan. Tapi tidak jarang mereka kurang mengetahui cara meningkatkan kesuburan.

Ternyata salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah menjaga berat badan ideal. "Faktor berat badan sebelum kehamilan disebutkan juga sangat mempengaruhi terjadi kehamilan. Disebutkan calon ibu yang terlalu kurus atau gemuk terjadi penurunan risiko kehamilan masing-masing sampai 25%. Jadi terlihat begitu penting menjaga berat badan ideal agar bisa terjadi kehamilan," ungkap Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur kepada HaiBunda, Rabu (6/2/2019).



Selain berat badan, dr. Muliaman juga mengatakan bahwa sebelum hamil, wanita harus mempersiapkan mentalnya terlebih dahulu. Persiapan macam ini harus dilakukan selama tiga hingga empat bulan sebelum kehamilan karena sangat penting terutama untuk persiapan fisik dan mental dari calon ibu.

Asupan nutrisi pun sudah harus dipersiapkan karena waktu tersebut dapat menentukan kondisi bayi yang nanti dilahirkan. "Salah satunya adalah nutrisi harusnya mulai dipersiapkan seperti nutrisi makro dan nutrisi mikro, asam folat, zink, kalsium, zat besi dan antioksidan, khusus asam folat diperlukan untuk pembentukan sel saraf janin apakah akan lahir normal, lahir kecil, atau cacat sel saraf. Bahkan disebutkan periode persiapan ini juga penting dan faktor penentu bagaimana anak ini nantinya setelah dewasa," jelas dr. Muliaman.

Ilustrasi persiapan hamilIlustrasi persiapan hamil Foto: Thinkstock



Ia mengatakan antioksidan seperti zink mempunyai peran penting untuk kesehatan ovarium dan ovum. Lalu, jika wanita kekurangan kalsium dan zat besi selama periode hamil maka ia akan mudah mengalami keguguran.

"Sering kali seorang wanita yang ingin hamil bertanya-tanya makanan apa yang sebaiknya dimakan untuk persiapan atau program kehamilan. Jawabannya adalah makanan yang sehat dan segar. Apa jenis makanannya sebenarnya sama dengan yang dimakan sehari-hari tapi sebaiknya hindari dulu makanan mentah dan kalengan," lanjutnya.


Selain itu, dr. Muliaman juga menyarankan untuk rutin meminum Prenagen Esensis, yakni susu persiapan kehamilan yang dikhususkan bagi calon ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Susu rendah lemak untuk persiapan kehamilan ini sangat disarankan dikonsumsi karena berperan untuk menopang janin saat kehamilan dan mendukung kesehatan calon ibu.

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi