kehamilan

Olahraga Apa Sih yang Enggak Boleh Dilakukan Saat Hamil?

Muhayati Faridatun Rabu, 13 Mar 2019 17:01 WIB
Olahraga Apa Sih yang Enggak Boleh Dilakukan Saat Hamil?
Jakarta - Banyak bunda hamil (bumil) bertanya-tanya, apakah saat hamil masih boleh berolahraga? Enggak sedikit juga bumil yang takut mengalami keguguran kalau berolahraga. Bunda salah satunya?

Dikutip dari Web MD, berolahraga teratur selama kehamilan justru bisa membantu Bunda tetap sehat. Olahraga teratur juga berguna memperbaiki postur tubuh bumil dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan, seperti sakit punggung dan kelelahan.

Terbukti juga, Bun, aktivitas fisik bisa mencegah diabetes gestational (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan meningkatkan stamina yang dibutuhkan untuk persalinan.

Kalau terbiasa beraktivitas fisik sebelum hamil, Bunda harus melanjutkan rutinitas tersebut dalam porsi sedang. Jangan coba-coba berolahraga di level sebelum hamil ya, Bunda. Seorang atlet yang sedang hamil pun harus dipantau dokter kandungan sepanjang melakukan aktivitasnya.


Tapi, kalau belum pernah berolahraga secara teratur sebelumnya, bumil aman memulai program olahraga setelah berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Tapi, jangan mencoba aktivitas baru yang berat, Bun. Berjalan terbilang aman dilakukan selama hamil.

American College of Obstetrics and Gynecolog merekomendasikan 30 menit atau lebih latihan ringan per hari. Kecuali kalau bumil mengalami gangguan medis seperti:

1. Muncul flek atau perdarahan
2. Plasenta rendah
3. Riwayat keguguran berulang
4. Riwayat prematur di kehamilan sebelumnya
5. Rahim yang lemah

Sebelum memulai olahraga selama kehamilan, baiknya Bunda konsultasi dengan dokter atau bidan. Lantas, apa saja sih olahraga yang boleh dan enggak boleh dilakukan selama hamil? Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda.

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi