kehamilan

4 Rumah Sakit Penyedia Bayi Tabung & Inseminasi Pilihan Bunda

Nuzulyani & Annisa Ayuta Kamis, 21 Mar 2019 09:05 WIB
4 Rumah Sakit Penyedia Bayi Tabung & Inseminasi Pilihan Bunda
Jakarta - Rencana kehamilan melalui program bayi tabung harus direncanakan secara matang. Bunda dan Ayah harus mencari berbagai informasi terkait persiapan, biaya hingga rumah sakit penyedia layanan bayi tabung yang akurat.

Bukan saja terkait dengan kesehatan Bunda yang akan menjalankan program In vitro fertilization (IVF), harus dipertimbangkan juga kesiapan mental dan biaya ya, Bun. Maklum, proses bayi tabung membutuhkan biaya tak sedikit.

Artis Tya Ariestya pernah membagikan pengalamannya mencoba bayi tabung hingga tiga kali. Melalui Instagram miliknya, Tya bahkan merinci total biaya yang dihabiskan selama tiga kali menjalani program IVF.


"IVF 1: 6jt-an. IVF 2: 20jt-an (tanpa stimulasi). IVF 3: 100 jt-an + PGS 50jt. Kalau boleh saran jadi buat yang mau program saat ini didipin dana sekitar 80jt - 120jt," tulis Tya dalam caption.

[Gambas:Instagram]

Sejauh ini, sudah banyak rumah sakit yang menawarkan layanan bayi tabung ya, Bun. Hal ini tentu akan memudahkan Bunda untuk memilih rumah sakit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Sebagai referensi rumah sakit, berikut ulasan empat rumah sakit yang memberikan layanan bayi tabung, sesuai dengan pilihan Bunda pembaca HaiBunda.


1. Klinik Morula

Bunda pemilik akun Instagram @lelivita bercerita pernah menjalani program bayi tabung di Klinik Morula, Jakarta. Disarankan Bunda Leli untuk menyediakan biaya minimal sekitar Rp100 juta, Bun. Namun, biaya tergantung pada kondisi masing-masing ibu yang menjalani program IVF.

"Untuk biaya minimal sediain uang 100jt tergantung kondisi masing" jg jd tdk bisa sama. Itu hanya patokan minimal aja seperti pricelist yg kalau kita minta ke admin Morula. Prosesnya ga begitu lama jg hanya 1 bulanan. Seperti promil umum lainnya suami istri periksa kondisi masing" dahulu."

"Istri diperiksa rahim dgn usg transvaginal lalu hsg untuk melihat ada penyumbatan atau tidak di tuba falopi. Sebelumnya suami istri jg tes darah untuk mendeteksi hal-hal lain mungkin yg bisa jd penghalang saat proses kehamilan atau promil berlangsung. Untuk suami hanya periksa dari kualitas sperma aja."

"Setelah hasil darah, USG, HSG, & analisis sperma keluar. Kita langsung tindakan suntik obat yg dilakukan sendiri dgn dosis dan brp kalinya berbeda setiap org. Suntik hanya untuk istri saja. Oiya sebelumnya kualitas sperma suami apabila sudah bagus harus di freezing terlebih dahulu sampai sel telur istri siap(bagus kondisinya)untuk dipertemukan dgn sperma. Untuk suntik rangenya mulai dr 11juta."


2. Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Bunda pemilik akun Instagram @adinamauliza pernah melakukan program bayi tabung di Klinik Melati RSAB Harapan Kita. Sekitar enam tahun lalu, Bunda Mauliza menghabiskan biaya sekitar Rp35 juta, Bun.

"Total biaya waktu tahun 2013 sekitar 35 juta, tapi harga obat tergantung kondisi suami istri. Ada baiknya sebelum Bayi Tabung dipastikan terlebih dahulu kondisi pasangan. Seperti jumlah dan kualitas sperma, serta adanya endometriosis. Biaya memang lebih bersahabat tapi tim dokter dan manajemennya okee kok."

3. Rumah Sakit Siloam Surabaya

Bunda pemilik Instagram @trisnawijaya bercerita kalau pernah menjalani program bayi tabung di Rumah Sakit Siloam Surabaya. Pada tahun 2017 lalu, dia menghabiskan biaya berkisar Rp46 juta.

"Prosesnya kurang lebih sebulan, dari haid pertama langsung mulai programnya. USG transvaginal dilakukan untuk menghitung jumlah sel telur yang bakal diprogram. Terus kemudian disuntikkan hormon pembesar sel telur supaya nanti sel telurnya gede-gede, jadi gampang dipetik dan diproses di laboratorium."

"Biayanya sekitar Rp46 juta. Kalau inseminasi kisaran biayanya Rp4 - 8 saja karena lebih sederhana prosesnya. Kalau biaya proses OPU - ET itu sama saja semua, kisaran Rp25 juta."

4. RS Omni Alam Sutra

Berbeda dengan tiga cerita di atas, Bunda pemilik akun @noviancd hanya melakukan inseminasi di rumah sakit RS Omni Alam Sutra. Seperti dituturkan Bunda Trisna, proses inseminasi jauh lebih murah dibanding program IVF.

"Jadi dr ku praktek di kliniknya juga bun area alam sutera. Tapi dia juga standby di RS OMNI ALSUT. Untuk biaya insemnya aja klo di klinik kisaraan 5-6 juta (only proses insem aja) tapi sebelum insem itu ada juga kita di treat untuk suntik ke ibu jya agar sel telurnya membesar (itu 1 tabung harganya 3juta) sy waktu itu 2 kali suntik."

"Terus kalau dirasa telur udh cukup besar dilakukan suntik pelepasan sel telur (1 tabung 2juta) biaya konsul bolak balik dr 300rts * 4 kali dtg total 1.2jt. Jadi kalau mau insem kurang lebih 15-16juta, Bun. Cuma aku juga pernah bun program alami.. jadi cuma suntik hormon untuk merangsang sel telur kita jadi banyak dan besar. Tapi emg belum rejeki, sempet berkembang baby nya 2 bulan tapi abis itu harus di kuret krn di minggu ke 10 gak berkembang."

"Akhirnya yg insem ini adalah program ku yg ke dua.. suka duka happy semua kita jalanin, akhirnya dikasih kepercayaan skg lg hamil 5 bulan jalan 6."



[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi