kehamilan

Perkembangan Janin di Minggu ke-33 Sampai ke-36 Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 27 Mar 2019 19:01 WIB
Perkembangan Janin di Minggu ke-33 Sampai ke-36 Kehamilan
Jakarta - Kehamilan Bunda sudah masuk trimester akhir ketiga nih. Di dalam kandungan, sambil mempersiapkan dirinya lahir, si janin terus mengalami perkembangan, Bun.

Di akhir trimester tiga kehamilan, umumnya salah satu keluhan ibu hamil adalah sulit menemukan posisi tidur. Ya enggak, Bun? Nah, sebaiknya ketika menginjak trimester ketiga, hindari posisi tidur telentang. Sebuah penelitian di Auckland University menunjukkan, posisi tidur seperti ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir mati sampai 3,7 kali, Bun.

Menurut salah satu peneliti, Prof. Lesley McCowan, posisi tidur telentang dapat mengurangi jumlah darah yang dipompa ke jantung ibu hamil. Akibatnya, oksigen yang dialirkan ke janin juga berkurang. Tidur telentang juga dapat memicu gangguan napas saat tidur.

"Maka dari itu, ibu hamil di trimester ketiga lebih disarankan untuk tidur dengan posisi miring. Edukasi ke masyarakat supaya ibu hamil tidur di posisi miring di tiga bulan terakhir kehamilannya, perlu dipertimbangkan," ujar McCowan, dikutip dari Essential Baby.

Lantas, apa lagi perkembangan yang dialami janin di minggu ke-33 hingga ke-36? Langsung simak di halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi