kehamilan

Kisah Istri Alec Baldwin Hampir Keguguran Saat Hamil Anak Kelima

Annisa Karnesyia Selasa, 09 Apr 2019 19:58 WIB
Kisah Istri Alec Baldwin Hampir Keguguran Saat Hamil Anak Kelima
Jakarta - Trimester pertama kehamilan memang waktu yang rentan bagi ibu hamil, termasuk terhadap risiko keguguran. Hal inilah yang dialami istri aktor Alec Baldwin, Hilaria Baldwin.

Hilaria menceritakan kondisi kehamilannya yang hampir mengalami keguguran. Untuk meningkatkan kesadaran soal masalah sensitif kehamilan, perempuan 36 tahun ini membagikan pengalamannya itu di akun Instagram miliknya, @hilariabaldwin.

"Saya ingin membagikan pada kalian jika saya hampir mengalami keguguran. Ada banyak rahasia selama trimester pertama. Butuh kerja keras, saya pribadi merasa lelah. Saya mengalami mual, kelelahan, dan juga perubahan-perubahan lain pada tubuh," tulis Hilaria.


"Jadi ini yang sebenarnya terjadi: ada detak jantung pada janin tapi lemah dan janin tidak tumbuh dengan seharusnya. Jadi, kita hanya menunggu dan ini semua berat. Banyak ketidakpastian dan kemungkinannya juga sangat kecil," sambung Hilaria.

[Gambas:Instagram]


Hilaria telah memiliki empat anak dari pernikahannya dengan Alec Baldwin, yakni Carmen (5), Rafael (3), Leonardo (2), dan Romeo (10 bulan). Hampir keguguran pastinya menyisakan pengalaman yang enggak mengenakkan bagi Hilaria. Ya, meski kini disebutkan kondisinya sudah mulai pulih.

Trimester pertama kehamilan memang periode paling rentan untuk perkembangan bayi, Bun. Sebab, semua organ utama dan sistem tubuh sedang terbentuk. Namun, wanita yang hamil di atas usia 30 lebih lebih rentan mengalami stres yang bisa berakibat buruk pada perkembangan janin.

"Wanita yang secara alami mengandung di usia 30 atau 40 tahun sering merasa khawatir terhadap risiko kesehatan yang bisa terjadi pada mereka atau bayinya," kata associate profesor di Victoria University, Mary Carolan, dikutip dari detikcom.

Carolan menambahkan, ketakutan berlebih yang dialami ibu hamil bisa menimbulkan tekanan batin yang tinggi dan risiko kesehatan pada janin. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan keguguran.

Alec Baldwin dan keluargaAlec Baldwin dan keluarga/ Foto: Instagram @hilariabaldwin



Mengutip Web MD, semakin tua usia ibu saat mengandung, makin besar risiko keguguran. Data menyebut risiko keguguran pada perempuan yang hamil di bawah usia 30 tahun yakni satu banding sepuluh. Sedangkan, pada perempuan berusia 35 sampai 39 tahun, dua dari sepuluh kehamilan berakhir dengan keguguran.

Untuk itu, bagi Bunda yang hamil di atas umur 30 tahun harus lebih ekstra menjaga kandungan di trimester pertama ya. (ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi