kehamilan

Waktu Ideal untuk Kembali Bekerja Usai Persalinan

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 12 Apr 2019 17:26 WIB
Waktu Ideal untuk Kembali Bekerja Usai Persalinan Kesehatan ibu usai melahirkan/ Foto: iStock
Jakarta - Banyak Bunda enggak sabar untuk segera beraktivitas kembali setelah melahirkan. Melihat rumah kotor atau pekerjaan lain yang terbengkalai rasanya kok gatal banget ya pingin cepat membereskannya. Eitss, tetap bersabar dulu ya, Bun.

Masing-masing Bunda membutuhkan waktu berbeda untuk memulihkan tubuh setelah melahirkan. Ada yang cukup cepat dan cenderung yang lumayan lama. Jennifer Wider, M.D, seorang pakar kesehatan wanita mengatakan, banyak dokter akan memberitahu Bunda kapan diperbolehkan meninggalkan rumah setelah merasa cukup sehat.


"Keluar rumah dapat menyehatkan Bunda, terutama jika Bunda ada riwayat depresi pascapersalinan,"kata Wider, seperti dikutip dari lama Self.

Terkait hal tersebut, Mellisa Goist, M.D, obgyn di The Ohio State Wexner Medical Center menuturkan bahwa bagi para ibu yang pernah melahirkan secara normal tanpa komplikasi, tidak ada alasan tentunya bagi mereka untuk tidak bisa keluar dari rumahnya," tuturnya.

Meski demikian, sambung Goist, sangat tidak disarankan bagi para ibu pascapersalinan melakukan aktivitas sepenuhnya pada fase tersebut.

Melansir Modernmom, sebagian besar obgyn merekomendasikan seorang ibu untuk menunggu setidaknya enam minggu sebelum mereka kembali pada kegiatan rutinnya, termasuk kembali bekerja.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, ketika Bunda memutuskan untuk kembali bekerja setelah melahirkan bayi. Termasuk pemulihan Bunda setelah melahirkan, seberapa baik bonding menyusui yang telah terjalin, dan apakah Bunda ingin lebih banyak waktu untuk terikat dengan bayi Bunda.

Waktu Ideal untuk Kembali Bekerja Usai PersalinanPemulihan usai melahirkan/ Foto: iStock

Mengenai waktu pemulihan yang ideal untuk beraktivitas kembali harus disesuaikan dengan kondisi fisik Bunda setelah melahirkan. Rekomendasi dari dokter tentunya dapat menjadi panduan yang bisa Bunda ikuti sebelum akhirnya Bunda beraktivitas normal kembali.

Perlu Bunda ingat bahwa kembali bekerja terlalu cepat setelah melahirkan dapat menyebabkan kelelahan ekstrem pada ibu baru. Hal itu juga dapat meningktkan risiko depresi pascapersalinan. Apalagi, ibu baru perlu waktu yang lebih banyak untuk menjalin bonding dengan bayi baru mereka.

Beraktivitas terlalu cepat dapat menyebabkan masalah dengan bonding dan membangun intensitas menyusui. Pada akhirnya, tak sedikit ibu yang kembali bekerja dengan cepat memilih untuk memberikan susu formula (sufor) kepada bayi mereka karena bonding menyusui yang tidak terjalin dengan kuat.


Menyoal waktu ideal untuk kembali beraktivitas, para dokter kandungan menyarankan untuk menunggu setidaknya enam minggu. Bahkan, ada pula yang menyarankan untuk menunggunya hingga 12 minggu. Sebab, kebanyakan perdarahan postpartum akan berakhir enam minggu setelah melahirkan dan robekan atau jahitan pun lebih mudah untuk kembali bekerja setelah tubuh mereka sembuh dari melahirkan. (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi