kehamilan

Pertolongan Pertama Saat Ibu Hamil Mual dan Muntah

Tia Reisha Sabtu, 20 Apr 2019 09:05 WIB
Pertolongan Pertama Saat Ibu Hamil Mual dan Muntah
Jakarta - Saat masa kehamilan, ibu hamil pasti sering mengalami mual dan muntah. Hal ini pun dianggap wajar meski terkadang ibu hamil merasa terganggu dengan rasa mual dan muntah yang dialami.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur, kondisi mual dan muntah ini disebut dengan emesis dan biasa terjadi di trimester 1 atau pada 3 bulan awal kehamilan.

"Mual muntah pada kehamilan sering dan normal terjadi. Disebutkan pada 8 dari 10 ibu hamil akan terjadi mual muntah. Mual muntah biasanya terjadi pada trimester 1, yaitu 3 bulan awal kehamilan dan sering juga disebut dengan morning sickness karena kejadiannya memang sering pada pagi hari," ujar Muliaman kepada HaiBunda.

Menurut Muliaman, kondisi emesis biasanya disebabkan keseimbangan hormonal, psikologis, dan faktor keseimbangan nutrisi. Kondisi ini juga biasa terjadi pada ibu hamil di daerah perkotaan yang sedang mengandung anak pertama atau bayi kembar.

"Pada kondisi emesis biasa maka ibu hamil diharapkan tetap tenang dan tetap mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah kecil tapi sering, jangan makan yang pedas, berlemak, dan berbau merangsang. Berikan makanan yang kering seperti biskuit dan minuman dingin yang disukai ibu. Disebutkan pada kondisi ini bisa diberikan sedikit perasan lemon karena ibu suka yang agak asam," lanjut Muliaman.

Salah satu minuman dingin yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah Prenagen Emesis. Susu khusus kehamilan ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari dengan kandungan vitamin B6 yang teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah, serta dilengkapi nutrisi makro dan mikro sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil tetap terjaga.

Di dalam susu Prenagen Emesis terkandung nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak sehingga memberikan kalori yang dibutuhkan saat hamil. Di samping itu ada nutrisi mikro seperti folat, zat besi, asam lemak essential, mineral, dan vitamin seperti B6. Disebutkan keseimbangan B6 ini juga berperan dalam mual dan muntah selama kehamilan. (mul/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi