kehamilan

Ketika Konsumsi Suplemen Asam Folat Picu Mual pada Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 26 Aug 2019 14:36 WIB
Ketika Konsumsi Suplemen Asam Folat Picu Mual pada Ibu Hamil
Jakarta - Suplemen asam folat merupakan salah satu suplemen yang lumrah diberi untuk ibu hamil. Namun, bagaimana jika setelah mengonsumsi suplemen ini ibu hamil justru makin merasa mual?

Hal ini salah satunya dialami sahabat HaiBunda, Yanti. Ibu satu anak yang tengah mengandung 7 bulan ini bercerita saat minum suplemen asam folat, rasa mualnya makin terasa.

"Itu terjadi pas usia kehamilan 3 atau 4 bulan ya. Kalau sekarang enggak. Tapi karena saya tahu suplemen asam folat penting untuk tumbuh kembang janin, saya tetap konsumsi. Terus saya makan permen jahe untuk mengurangi mual," kata Yanti.


Menanggapi hal ini, dr.Rinto Riantori, Sp.OG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan biasanya jarang ibu hamil yang mengeluh makin mual karena konsumsi suplemen asam folat. Menurut Rinto, mual pada ibu hamil terjadi karena hormon Human chorionic gonadotropin (hCG) terlalu meningkat.

"Karena kan implantasi plasenta menghasilkan hormon hCG. Ini karena plasenta menempel bagus, tidak mudah copot. Jadi, saking meningkatnya hormon itu, ada respons dari otak, asam lambung meningkat hingga terjadi mual muntah," kata Rinto saat berbincang dengan HaiBunda.

Implantasi plasenta yang bagus, kata Rinto dipengaruhi asupan ibu selama hamil. Kemudian, hCG meningkat meskipun respons orang bisa berbeda ketika kadar hCG yang meningkat.

Rinto menambahkan, penelitian menunjukkan konsumsi asam folat aman bagi ibu hamil. Meskipun, respons beberapa ibu bisa berupa mual. Nah, untuk mengatasinya, biasanya ibu hamil diberi obat antimual.

"Tapi konsumsi asam folatnya enggak dihentikan karena ini bagus untuk menghindari cacat janin. Itu wajib. Malah baiknya wanita minum asam folat sebelum menikah, 1 bulan sebelumnya lah," pungkas Rinto.

ilustrasi suplemen asam folatilustrasi suplemen asam folat/ Foto: iStock
Bunda, simak juga fakta air kelapa untuk ibu hamil di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi