sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Mual Muntah Sampai Mau Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 26 Dec 2020 09:06 WIB
Pregnant woman in bathroom feeling sick caption

Jakarta - Mual dan muntah biasanya dirasakan sebagai gejala morning sickness di awal kehamilan ya, Bunda. Tetapi, ternyata ada juga Bunda yang justru mengalaminya saat hendak melahirkan. Apa ya kira-kira penyebab mual muntah sampai mau melahirkan?

Selama pra-persalinan, banyak Bunda merasakan berbagai hal yang membuat ketidaknyamanan. Dari mulai sakit punggung, nyeri berdenyut seperti kram menstruasi dan juga mual muntah.

Ketidaknyamanan ini pun bisa datang dan pergi hingga persalinan tiba. Biasanya, tanda pra-persalinan ini mengartikan bahwa serviks melunak dan matang saat bayi bergerak atau mungkin karena bayi dalam posisi posterior dengan punggung menghadap ke tulang belakang Bunda.


Karenanya, tak sedikit dari Bunda merasakan sakit punggung karena panggul mereka bergerak dan bergeser dengan ligamen panggul yang rileks. Fleksibilitas panggul ini memungkinkan tulang Bunda terbuka sedikit dalam kesiapan untuk persalinan dan kelahiran bayi Bunda.

Jika Bunda merasakannya di sore atau malam hari, cobalah mengompresnya dengan air panas atau botol air panas dan kembalilah ke tempat tidur. Kalau Bunda sulit tidur, cobalah beristirahat atau berbaring di sofa yang membuat Bunda lebih nyaman. 

Ketika Bunda mengalaminya di siang hari, cobalah untuk beristirahat seperlunya atau mencoba melanjutkan aktivitas seperti biasa. Cobalah hangout dengan teman dan pastikan tetap menjaga cairan tercukupi dan nutrisi tercukupi.

Oh ya, Bunda, menjelang persalinan juga tak sedikit Bunda yang justru merasakan mual dan muntah. Seringkali, banyak Bunda mengalaminya dan terkadang muntah di beberapa titik dalam proses persalinan mereka. Terkadang, hal ini dapat terjadi sebagian bagian dari pra-persalinan, tetapi kerap terjadi juga ketika proses persalinan. 

"Ya, setiap persalinan adalah unik. Bahkan, Bunda pun dapat mengalami persalinan dan pengalaman melahirkan yang sangat berbeda pada setiap kehamilan," ujar Elikem Amable, CNM, seorang bidan di Henry Ford Health System, seperti dikutip dari laman Henryford.

Menyoal mual dan muntah memang kenyataannya tak terjadi di awal kehamilan saja  tetapi juga dapat terjadi pra-persalinan dan selama persalinan. Alasannya yakni saluran pencernaan Bunda melambat dikarenakan semua energi tubuh diarahkan ke rahim.

"Ada juga ibu yang mengejan dan muntah pada saat bersamaan. Tergantung kapan muntah terjadi, dokter atau bidan mungkin menawarkan obat anti-mual,"ujar Amable.

Simak juga cara menanganinya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk apakah mual tanda hamil anak perempuan. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner liburan di masa pandemi
Penyebab Mual Muntah Sampai Mau Melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi