kehamilan

Bahan Alami untuk Atasi Mual Muntah Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 17 Aug 2019 10:05 WIB
Bahan Alami untuk Atasi Mual Muntah Ibu Hamil
Jakarta - Mual muntah dialami sebagian besar ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilannya. Kadang kala, bahan alami dijadikan andalan untuk mengurangi mual dan muntah.

Disampaikan dr.Noviyanti, Sp.OG dari Mayapada Hospital Tangerang, di bawah usia 16 minggu, adalah keadaan yang normal jika ibu hamil mual muntah baik dengan kadar ringan sampai berat. Sebab, di bawah usia kehamilan 4 minggu, hormon kehamilan sedang tinggi-tingginya.

"Di usia kehamilan 8 -16 minggu, hormon kehamilan sedang tinggi, itu menyebabkan kita mual muntah. Setelah 16 minggu peran hormon kehamilan diambil alih oleh plasenta. Jadi, mual muntah pelan-pelan berkurang," kata wanita yang karib disapa Novi ini saat berbincang dengan HaiBunda.


Untuk mengurangi mual dan muntah, Novi menyarankan Bunda untuk mengonsumsi permen jahe. Sebaiknya, hindari minum air rebusan jahe. Kenapa?

"Kalau jahe yang digeprek terus direbus dan airnya diminum, coba deh pas saat haid itu kita lakukan, enggak lama kan rahim rasanya kayak diperas. Saya sih enggak menyarankan minum air jahe murni. Lebih baik permen jahe karena kadar jahenya tidak terlalu tinggi," papar Novi.

Hanya saja, permen jahe tidak dianjurkan untuk ibu hamil dengan diabetes. Setelah muntah, sebaiknya ibu hamil minum air putih hangat dingin, atau suhu ruang? Kata Novi, bebas saja, Bun, tergantung mana yang bisa membuat Bunda nyaman.

"Yang namanya lagi mual muntah, mulut kan pahit. Mau makan atau minum manis silakan. Air putih tambah gula silakan. Mau emut es batu enggak apa-apa. Tapi, misal minum air putih hangat lebih nyaman ya enggak apa-apa juga," tambah Novi.

Ilustrasi mual muntah saat hamilIlustrasi mual muntah saat hamil/ Foto: Istock
Pada prinsipnya, lanjut Novi, kondisi mulut pahit akan lebih nyaman jika minum air dingin. Sebenarnya, tanpa ditambah pemanis pun air dingin sudah cukup membuat nyaman ibu hamil ketika mual muntah kok, Bun.



"Seberapa dinginnya, air biasa aja ditambah es batu sedikit. Atau senyamannya si ibu ya," pungkas Novi.

Bun, ketahui juga beda hamil anggur dan hamil di luar kandungan dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi