kehamilan

Trik Konsumsi Makanan Saat Ibu Hamil Alami Morning Sickness

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 10 Jul 2019 19:00 WIB
Trik Konsumsi Makanan Saat Ibu Hamil Alami Morning Sickness
Jakarta - Morning sickness lumrah dialami ibu hamil, terlebih di awal kehamilan. Alhasil, beberapa ibu ada yang susah makan. Agar nutrisi ibu hamil terpenuhi, ada trik yang bisa diterapkan.

Disampaikan ahli gizi Dr.dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, mual muntah umumnya terjadi di pagi hari. Nah, untuk menu sarapan, Rita menyarankan ibu hamil mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung cairan rendah. Misalnya, roti bakar.

"Hindari konsumsi asupan yang basah-basah gitu, yang mengandung air. Lalu, minumnya dijarakin ya tiap dua jam," kata Rita saat berbincang dengan HaiBunda.


Makin siang, umumnya morning sickness akan berkurang. Nah, untuk menu makan utama, Bunda disarankan menghindari makanan berkuah dan berlemak. Misalnya, Bunda bisa memilih menu nasi sedikit ditambah lauk berupa tempe bacem.

"Yang goreng-gorengan dihindari dahulu kalau masih mual. Nanti malah memicu ibu makin mual. Nah, air juga baiknya dihindari karena dalam keadaan mual, karena dorongan air bisa memancing Bunda untuk muntah," tambah Rita.

Disarankan juga ibu hamil mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tapi sering. Untuk buah, Rita menyarankan pilih yang enggak terlalu banyak mengandung air ketika Bunda mual, seperti semangka atau melon. Salak dan pisang bisa jadi pilihan karena tidak mengandung banyak air.

"Kalau minuman hangat, hindari pakai gula karena manis bisa merangsang produk asam lambung. Jadinya mual. Kalau air jahe boleh karena bisa membantu meredakan mual juga," tutur Rita.

Ilustrasi makanan ibu hamil morning sicknessIlustrasi makanan ibu hamil morning sickness/ Foto: iStock
Bunda tahu enggak? Hamil dan menyusui menurunkan risiko kanker payudara lho. Berikut penjelasannya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi