kehamilan

Alasan Tya Ariestya Tak Puasa Saat Hamil dan Menyusui

Asri Ediyati Minggu, 12 May 2019 11:30 WIB
Alasan Tya Ariestya Tak Puasa Saat Hamil dan Menyusui
Jakarta - Ibadah puasa di bulan Ramadhan berlangsung selama sebulan penuh. Untuk umat muslim, menjalankannya adalah kewajiban, namun ada pengecualian untuk wanita yang hamil dan menyusui. Seperti halnya artis Tya Ariestya.


Diakui Tya, di kehamilan pertama, dia sama sekali tidak menjalankan ibadah puasa. Tak hanya ketika hamil, namun selama menyusui pun dia tak berpuasa.

"Enggak, aku enggak pernah ikut puasa selama hamil dan menyusui," kata Tya Ariestya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Sang suami, Irfan Ratinggang, menambahkan, Tya tidak berpuasa karena alasan takut dengan risiko yang mungkin dialami. Ia pun meyakini, memang ibu hamil dan menyusui tidak berkewajiban puasa, dan bisa menggantinya dengan membayar fidyah.

"Karena kan waktu menyusui itu perlu asupan yang bagus agar susunya keluar, kalau enggak keluar kan kasian bayinya," jelas Irfan.

"Iya makanya bayiku gendut-gendut," seloroh Tya.

Alasan Tya Ariestya Tak Puasa Saat Hamil dan MenyusuiFoto: Dok. Instagram/tya_ariestya


Tentang puasa bagi ibu hamil dan menyusui, dikatakan dr.Aryando Pradana, Sp.OG, sebenarnya tidak dilarang asalkan semua nutrisinya tercukupi.

"Daging, ikan, buah, sayur, harus ada, dan minum sih, jangan sampai dehidrasi, karena risiko banget kalau dehidrasi," kata dokter yang akrab disapa Nando ini.


Namun Nando menyarankan, puasa bagi ibu menyusui sebaiknya dilakukan ketika ASI-nya sudah lancar. Jika belum lancar, apalagi usia bayi baru beberapa minggu, Nando tidak menyarankan untuk berpuasa.

"Jadi kalau masih belajar, bayi baru umur seminggu dua minggu, anak pertama pula, tidak disarankan. Tapi kalau anak udah umur 5 - 6 bulan, udah MPASI, kemudian ibunya juga udah anak kedua, lancar ASI-nya, boleh mencoba (puasa)," tandasnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi