kehamilan

Makanan yang Bantu Ibu Hamil Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 May 2019 09:00 WIB
Makanan yang Bantu Ibu Hamil Tetap Berenergi Saat Berpuasa
Jakarta - Menjalankan ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri untuk ibu hamil. Bunda perlu mengatur pola makan agar tubuh tetap fit dan berenergi seharian.

Salah satu kuncinya yang perlu Bunda terapkan yakni pilihlah makanan yang dapat meningkatkan energi selama berpuasa. Perhatikan kondisi dan berat badan janin, jangan sampai menurun ya.


Dr Major Afroza Khanom, consultant gynecology & obstetrics menuturkan, dalam tiga bulan pertama kehamilan, kecenderungan muntah memang akan menyulitkan ibu hamil untuk berpuasa. Sementara enam bulan sisanya, ibu hamil hanya perlu mengubah dosis obat dan makanan hariannya.


"Ibu hamil perlu memasukkan makanan yang bisa meningkatkan energi mereka seperti susu, telur, air kelapa atau jus lemon, dan air. Ibu hamil juga perlu menghindari makanan yang digoreng dan berminyak serta perbanyak makanan bergizi dalam menu harian,"katanya dikutip dari The Daily Star.

Sedangkan menurut ulasan The Bump, beberapa makanan super lainnya juga perlu dikonsumsi ibu hamil untuk menunjang energi selama berpuasa, Bun. Beberapa diantaranya yaitu kacang-kacangan.

Makanan yang Bantu Ibu Hamil Tetap Berenergi Saat BerpuasaMakanan ibu hamil saat puasa/ Foto: iStock

Makanan ini dapat menjadi camilan Bunda untuk menjaga energi tetap tinggi. Sebab, kacang-kacangan menawarkan protein dan serat yang membuat Bunda kenyang lebih lama plus tambahan lemak sehat termasuk omega 3 yang meningkatkan kesehatan otak serta magnesium.

Makanan lainnya yang bisa Bunda masukkan dalam daftar makanan harian selama berpuasa yakni mangga. Selama kehamilan, tidak sedikit Bunda yang mengalami anemia ringan terutama ketika tahap akhir kehamilan saat tubuh bersiap untuk melahirkan.

Mengonsumsi mangga dapat menjadi penyelamat Bunda untuk meminimalisir serangan anemia saat puasa. Kandungan gula alami dalam mangga dapat membantu meningkatkan energi Bunda. Selain itu, mangga segar merupakan sumber folat yang baik dimana dapat membantu mencegah cacat lahir. Mangga juga kaya akan vitamin C sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


Dan tak kalah penting, jangan lupa memasukkan bayam sebagai hidangan dalam menu puasa Bunda. Bayam yang kaya zat besi dapat membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Seperti diketahui, kekurangan zat besi dapat membuat Bunda merasa lelah. Sering mengonsumsi bayam dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Selamat mencoba ya, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi