kehamilan

Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Disarankan Berpuasa Ramadhan

Muhayati Faridatun Selasa, 14 May 2019 07:00 WIB
Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Disarankan Berpuasa Ramadhan
Jakarta - Bunda sedang hamil dan ingin menjalani puasa Ramadhan? Boleh-boleh saja kok. Hanya saja, ada kondisi ibu hamil yang tidak disarankan untuk berpuasa.

Menurut konselor laktasi dr.Ameetha Drupadi, CIMI, kondisi kehamilan yang harus diperhatikan adalah saat trimester satu dan tiga. Kalau trimester satu atau awal kehamilan, sebagian besar ibu hamil mengalami mual bahkan muntah-muntah.

"Kalau trimester akhir, kebutuhan bayi sudah makin besar dan dekat dengan persiapan persalinan," kata Ameetha, saat Live Instagram HaiBunda: Tips agar Ibu Hamil dan Menyusui Kuat Berpuasa, Senin (13/5/2019).



Namun, jika Bunda ingin tetap berpuasa, Ameetha menyarankan agar asupan gizi terutama sayur dan buah harus tercukupi. Vitamin yang diberikan dokter juga harus dikonsumsi, terutama asam folat yang dibutuhkan di awal kehamilan untuk perkembangan janin.

Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Disarankan BerpuasaIlustrasi ibu hamil/ Foto: istock
Ameetha pun menekankan, selama kondisi ibu hamil kuat dan tidak mengalami penurunan berat badan, diperbolehkan untuk puasa. Lalu, kalau ada keluhan atau sakit gimana, Dok?

"Jangan dipaksakan kalau ada keluhan perut sakit atau kontraksi, lebih baik dibatalkan saja puasanya. Ibu hamil juga sebaiknya jangan ada penurunan berat badan," tegas dokter yang praktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan ini.

Ya, jika kondisi tidak memungkinkan untuk berpuasa, Ameetha sangat menyarankan agar Bunda mengambil keringanan atau rukhsah. Karena dalam Islam, ibu hamil dan menyusui termasuk golongan yang tidak diwajibkan puasa Ramadhan. Namun, harus mengganti puasa di lain hari.


Ameetha juga mengingatkan, asupan cairan selama berpuasa harus terpenuhi agar Bunda tak mengalami dehidrasi.

"Baik sedang puasa atau tidak, harus cukup cairan. Ibu hamil dan menyusui harus memenuhi asupan cairan 3 sampai 4 liter per hari. Untuk ibu hamil, nutrisi juga harus mencukupi dengan gizi seimbang," paparnya.

Jadi, selama kondisi ibu hamil dan janin kuat, tidak ada larangan untuk berpuasa. Kalaupun mengalami keluhan, baiknya Bunda segera konsultasi ke dokter kandungan.

Bunda, simak juga ya manfaat bercinta di trimester akhir kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi