kehamilan

Trimester Berapa Sih Ibu Hamil Aman Berpuasa?

Yuni Ayu Amida Senin, 13 May 2019 14:12 WIB
Trimester Berapa Sih Ibu Hamil Aman Berpuasa?
Jakarta - Puasa selama kehamilan adalah pilihan, Bun. Dalam ajaran Islam, wanita hamil, menyusui, atau yang memiliki risiko kesehatan, tidak diwajibkan berpuasa saat Ramadhan.


Dikatakan dr.Rita Bakshi, konsep puasa untuk wanita hamil sebenarnya masih jadi perdebatan, Bun. Banyak penyedia layanan kesehatan mengangkat alis ketika ditanya tentang hal ini. Tapi yang pasti, menurut Bakshi, wanita hamil di trimester pertama atau ketiga sebaiknya menghindari puasa.

"Tetapi jika ibu hamil ingin berpuasa, mesti berkonsultasi dengan dokter dulu," ujar Bakshi, seperti dilansir The Healthsite.


Bakshi juga menjelaskan, penting untuk ibu hamil tidak kelaparan dalam jangka waktu yang lama, karena nutrisi bayi sepenuhnya tergantung pada nutrisi sang ibu. Jadi, Bakshi sendiri tidak terlalu menyarankan ibu hamil untuk puasa.

[Gambas:Instagram]


Nah, jika Bunda masih tetap ingin berpuasa, dikutip dari Marhababy, berikut ini waktu terbaik yang mesti ibu hamil ketahui, sebelum memutuskan berpuasa.

1. Trimester pertama (minggu 1 - 12)

Trimester pertama merupakan tahap awal kehamilan, umumnya wanita akan mengalami mual dan muntah. Trimester pertama ini adalah waktu yang sangat sulit untuk perkembangan bayi, tetapi selama ibu hamil makan dengan baik di waktu berbuka puasa, dan makan bergizi saat sahur, minum air cukup, serta menjaga berat badan dan merasa sehat secara keseluruhan, maka aman berpuasa. Namun jika ibu hamil merasa tidak enak badan dan khawatir dengan bayinya, maka tidak perlu mengambil risiko untuk puasa.

2. Trimester kedua (minggu 13 - 27)

Ini mungkin waktu yang paling mudah bagi ibu hamil jika memutuskan untuk berpuasa. Mual sebagian besar telah berlalu, ibu hamil kembali memperoleh banyak energi dan berat bayi tidak menyebabkan ibu merasa lelah dan tidak nyaman. Namun, lagi-lagi setiap wanita berbeda, jadi pastikan selalu memberi tahu dokter jika ada masalah.


3. Trimester ketiga (minggu 28 - 40)

Pada trimester akhir, sulit bagi ibu hamil yang mungkin ingin berpuasa. Umumnya, di trimester ketiga ini ibu hamil cenderung merasa lapar setiap waktu. Jika ibu hamil tidak kuat berpuasa, maka jangan memaksakan diri. Bayi akan mengambil nutrisi yang tersimpan dalam tubuh ibu hamil, dan ini dapat menyebabkan rasa lelah sehingga tidak mampu berpuasa.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi