kehamilan

Perjuangan Melahirkan Tasya Kamila, Rasakan Sakit 3 Hari

Asri Ediyati Sabtu, 18 May 2019 18:29 WIB
Perjuangan Melahirkan Tasya Kamila, Rasakan Sakit 3 Hari
Jakarta - Setiap kelahiran memiliki cerita unik tersendiri. Baru-baru ini, penyanyi Tasya Kamila mengungkapkan perjuangannya melahirkan sang anak, Arrasya Wardhana Bachtiar. Ya, Tasya menanti kelahiran Arrasya selama tiga hari. Sebelumnya, di usia kehamilan 39 minggu kehamilan, Tasya belum merasakan kontraksi.

"Dari Sabtu aku udah masuk rumah sakit untuk proses industri. Sebelum diinduksi di rumah sakit, di rumah minum obat pelunak rahim. Karena 39 minggu belum ada tanda-tanda kontraksi. Bayi aku cukup besar untuk aku yang kecil. Dokter menyarankanku untuk diinduksi," kata Tasya dilansir InsertLive.

Usahanya empat kali menjalani proses induksi berbuah nihil. Tasya bilang proses induksinya ternyata gagal dan akhirnya langsung dilakukan operasi caesar.




"Waktu operasi aku enggak terlalu ngerasain banyak sakit, rasanya cuma digoyang-goyang. Kata Randi aku ngomong terus mungkin di bawah pengaruh anestesi, jadi ngobrol sama dokternya. Masuk ruang operasi jam 3 sore, anaknya keluar jam 3.15 jadi alhamdulillah lancar. Bayinya juga langsung nangis," ujarnya.

Perihal menyusui, air susu ibu (ASI) Tasya langsung keluar, walau harus beberapa kali belajar soal pelekatannya. Soalnya, Tasya masih merasakan sakit di jahitan caesar-nya.

Perjuangan Melahirkan Tasya Kamila, Rasakan Sakit 3 HariFoto: Ismail/detikHOT
Umumnya, persalinan melalui operasi caesar butuh waktu pemulihan lebih lama. Namun, bukan berarti enggak ada upaya yang bisa Bunda lakukan agar pemulihan lebih cepat.

Traci C. Johnson, MD, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengatakan area di sekitar jahitan, staples, atau selotip di perut wanita yang menjalani operasi caesar akan terasa sakit selama beberapa hari pertama. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan.



Menurut Johnson, ibu harus releks, kemudian memegangi perut saat bersin atau batuk, pakai peringan rasa sakit, dan yang paling penting minum cairan yang cukup.

"Penting juga bagi ibu yang baru menjalani operasi caesar untuk belajar bangun dan berjalan-jalan dalam waktu 24 jam setelah operasi. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit karena gas, membantu Anda buang air besar, dan mencegah pembekuan darah," paparnya dikutip dari WebMD.

[Gambas:Video 20detik]



(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi