kehamilan

Penyebab Ibu Melahirkan Caesar Seperti Dialami Tasya Kamila

Annisa Karnesyia Kamis, 16 May 2019 12:37 WIB
Penyebab Ibu Melahirkan Caesar Seperti Dialami Tasya Kamila
Jakarta - Tasya Kamila baru saja melahirkan anak pertamanya pada Senin (13/5/2019). Istri Randi Bachtiar ini melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Arrasya Wardhana Bachtiar.

Perjuangan Tasya melahirkan ternyata enggak mudah, Bun. Melalui akun Instagram miliknya, Tasya menceritakan proses bersalin yang memakan waktu lama.

[Gambas:Instagram]

"Diinduksi sampai 4x, saking lamanya di ruang bersalin sampai dapat gelar Ibu Lurah RS. Sayangnya induksi enggak berhasil dan akhirnya operasi deh," tulis Tasya.

Perjuangan mantan penyanyi cilik ini akhirnya terbayar dengan kehadiran Arrasya. Putra pertamanya lahir dengan berat 3,4 kg dan panjang 49 cm. Tasya harus menjalani operasi caesar setelah gagal melalui tahap induksi yang memang dibutuhkan dalam persalinan normal.



Putra pertama Tasya Kamila, Arrasya Wardhana BachtiarPutra pertama Tasya Kamila, Arrasya Wardhana Bachtiar/ Foto: Instagram
Menurut dokter obgyn, dr.Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG, M.Kes, induksi dibutuhkan untuk merangsang timbulnya kontraksi rahim agar terjadi persalinan. Rahim yang berkontraksi secara normal dapat mencegah pendarahan yang akan berakibat fatal jika tidak ditangani.

"Rahim yang gagal kontraksi akan menyebabkan pendarahan yang tidak berhenti. Pada ibu yang akan melahirkan, induksi umumnya dilakukan dengan pematangan mulut rahim," ujar pria yang akrab disapa Dara ini, dikutip dari detikcom.

Dilansir Health Line, operasi caesar bisa dipilih jika induksi tidak berhasil dan persalinan jadi lebih lama. Untuk alasan medis ini, dianjurkan untuk operasi caesar.

Menurut Center for Disesase Control and Prevention, persalinan lama atau persalinan macet merupakan alasan dari hampir sepertiga ditempuhnya jalan operasi caesar. Kondisi ini terjadi ketika seorang yang baru melahirkan pertama kali butuh waktu 20 jam atau lebih. Kemudian, jika ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya butuh waktu persalinan 14 jam atau lebih.

[Gambas:Video 20detik]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi