kehamilan

Pertimbangan Sebelum Ibu Hamil Mudik dengan Transportasi Darat

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 28 May 2019 17:00 WIB
Pertimbangan Sebelum Ibu Hamil Mudik dengan Transportasi Darat
Jakarta - Beberapa Bunda yang sedang hamil ada yang memilih menggunakan moda transporasi darat untuk mudik. Jika Bunda salah satunya, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipirkan, Bun. Sebab, menempuh perjalanan darat pastinya memiliki risiko.

Disampaikan dr.Rinto Riantori Sp.OG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, risiko menempuh perjalanan darat adalah ibu hamil mengalami mual muntah. Kondisi ini bisa dari kondisi jalan yang kurang bagus serta perubahan mood ibu karena macet.




"Solusinya, lebih sering berhenti untuk merelaksakan otot dan supaya ibu hamil mendapatkan situasi yang lebih nyaman karena terlalu lama di perjalanan," tutur Rinto dalam perbincangan dengan HaiBunda.

Rinto menyarankan ada baiknya ibu hamil atau keluarga lainnya melakukan survei di mana saat rest area tersedia. Sehingga, ibu hamil enggak sampai harus menahan buang air kecil. Apalagi, mengingat ibu hamil cenderung lebih sering buang air kecil atau beser.



Memang, kalau ibu hamil terlalu sering menahan buang air kecil, apa sih dampaknya? "Ibu merasa anyang-anyangan. Balik lagi, bisa terjadi kontraksi," ujar Rinto.

Dia menjelaskan, posisi rahim berdekatan dengan kandung kencing. Ketika terlalu lama menahan buang air kecil, rahim yang harusnya relaks jadi terdorong ke atas. "Makanya timbul kontraksi, karena ada respons saraf ke otak untuk keluarkan oksitosin," ujar Rinto.


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi