kehamilan

Kisah Bayi Terkecil di Dunia, Bobotnya Hanya Seberat Buah Apel

Maya Sofia Jumat, 31 May 2019 18:01 WIB
Kisah Bayi Terkecil di Dunia, Bobotnya Hanya Seberat Buah Apel
Jakarta - Bayi berjenis kelamin perempuan yang lahir dengan bobot sama seperti satu buah apel di Amerika Serikat (AS) dipercaya sebagai bayi terkecil di dunia yang berhasil hidup. Bayi perempuan bernama Saybie tersebut lahir di Sharp Mary Birch Hospital for Women and Newborns, San Diego, dengan berat 8,6 ons atau 245 gram.

Mengutip Reuters, kabar ini diumumkan oleh pihak rumah sakit pada Rabu (29/5/2019), sekaligus mengungkapkan bahwa Saybie sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Menurut pihak rumah sakit, Saybie lahir melalui operasi caesar pada bulan Desember 2018.


Sang ibu bayi yang tak mau disebutkan namanya menjalani tindakan caesar di usia kandungan 23 pekan dan 3 hari, atau 17 pekan lebih awal dari persalinan pada umumnya.


"Dokter mengatakan, kelahiran prematur diperlukan setelah mereka menemukan bahwa berat badan bayi tersebut tidak bertambah dan kehidupan sang ibu berisiko," ujar pihak rumah sakit.

Saybie yang dianggap sebagai micro preemie kemudian dirawat di unit perawatan intensif neonatal rumah sakit. Lima bulan berlalu, Saybie akhirnya diperbolehkan keluar dari rumah sakit dengan berat badan 5,6 pound atau 2,54 kilogram pada Mei ini.

[Gambas:Instagram]


"Saybie hampir tidak mengalami tantangan medis yang biasanya terkait dengan bayi prematur, mencakup pendarahan otak, dan masalah paru-paru serta jantung," kata perwakilan pihak rumah sakit.

Sementara itu, dilansir BBC, ibu Saybie menggambarkan persalinannya sebagai hari paling mengerikan selama hidupnya. "Saya terus mengatakan kepada mereka: 'Ia tidak akan bisa selamat. Karena usia kehamilan saya baru 23 pekan'," ucapnya.


Saat lahir, Saybie sangat kecil bahkan ukurannya sebesar tangan para tim medis yang merawatnya. Saybie juga hanya sedikit lebih berat dari apel jenis Golden Delicious yang rata-rata memiliki berat 7,5 ons atau 283 gram.

Dengan berat tersebut, Tiniest Babies Registry mencatat bahwa Saybie memecahkan rekor sebagai bayi terkecil di dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh bayi yang lahir di Jerman pada 2015 lalu dengan bobot 8,9 ons atau 252 gram.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi