kehamilan

5 Ciri Umum PCOS yang Buat Fitri Tropica Susah Hamil

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 11 Jun 2019 07:09 WIB
5 Ciri Umum PCOS yang Buat Fitri Tropica Susah Hamil
Jakarta - Fitri Tropica mengumumkan kabar kehamilannya baru-baru ini. Setelah menikah hampir lima tahun, artis yang terkenal kocak ini pun berhasil mengandung anak pertamanya.

Melalui Instagram miliknya, artis yang biasa disapa Fitrop ini menceritakan perjuangannya untuk hamil, Bun. Ternyata selama ini, Fitrop mengalami Polycystic ovary syndrome (PCOS). Sebuah kelainan hormon yang sebenarnya umum dialami wanita pada usia reproduksi, namun dapat menyebabkan periode menstruasi yang berantakan.


Melansir Mayo Clinic, wanita yang mengalami PCOS biasanya akan mengalami periode menstruasi jarang-jarang atau malah berkepanjangan. Sebab, mereka mengalami kelebihan kadar hormon pria (androgen). Dalam hal ini, ovarium akan mengembangkan banyak kumpulan kecil cairan (folikel) dan gagal melepaskan telur secara teratur.


Sedangkan penyebab PCOS sendiri belum diketahui sampai saat ini. Hal tersebut sependapat dengan penjelasan dr.Frizar Irmansyah, Sp.OG, dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

"Penyebabnya belum jelas banget, tapi pada umumnya karena kegemukan. Tapi, PCOS bisa juga terjadi pada orang kurus. (Meski tubuhnya kurus) harus tetap dilihat insulinnya. Kalau insulinnya tinggi, bisa menyebabkan hiper-androgen (hormon pria) sehingga sel telur tidak berkembang," ungkap Frizar, dikutip dari detikcom.

[Gambas:Instagram]

Sama seperti Fitrop yang juga tidak menyadari kondisi kesehatannya selama ini. Hingga akhirnya, dia mulai curiga setelah membaca ulasan dr.Mesty Ariotedjo di highlight Instagram mengenai ciri-ciri PCOS.

Fitrop kemudian mulai menghubungkan penyebab siklus bulanan yang enggak teratur. Bahkan, istri Irvan Hanafi ini mengaku kalau biasanya mendapatkan menstruasi tiga bulan sekali. Sedangkan masa haidnya bisa sampai 20 hari baru bersih kembali, Bun.

"Beberapa kali sempet periksa bbrp obgyn selalu came up dgn jawaban "normal kok, gak ada kista miom atau pun polip" Kalo normal tapi kenapa siklusnya bisa ngaco? MEI 2018 baca highlightnya @mestyariotedjo tentang PCOS dan.. DEG! "Kok gejalanya sama ky gw ya," tulis Fitrop.

Setelah merasakan gejala yang sama, akhirnya pada Desember lalu, Fitrop memutuskan untuk menjalani terapi PCOS selama tiga bulan. Tak disangka, pada Maret 2019, Fitrop dinyatakan positif hamil.

[Gambas:Instagram]

Wah, Bunda kalau sampai sekarang belum kunjung hamil, ada baiknya mengetahui ciri-ciri PCOS ya. Melansir Young Womens Health, berikut tanda PCOS yang paling umum dialami para wanita.

1. Periode menstruasi tidak teratur, datang setiap beberapa bulan sekali. Atau justru terlalu sering mengalami haid.

2. Mengalami pertumbuhan bulu-bulu ekstra di bagian wajah atau tubuh lain yang disebut hirsutisme.

3. Jerawat berlebihan.

4. Berat badan bertambah dan kesulitan untuk menurunkannya.

5. Bercak kulit gelap di bagian belakang leher dan area lainnya yang disebut acanthosisi nigricans.

Sebelum terlambat, segera periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut ya, Bun!


Intip juga bahaya antibiotik untuk ibu hamil!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi