kehamilan

10 Ciri Hamil Muda yang Unik

Asri Ediyati Jumat, 07 Jun 2019 20:08 WIB
10 Ciri Hamil Muda yang Unik
Jakarta - Jika sedang merencanakan program kehamilan, ada baiknya Bunda memperhatikan tanda apapun yang membuat kondisi fisik dan mental berbeda. Hal ini karena ada beberapa ciri hamil muda yang unik dan jarang disadari.

Seperti yang dikatakan oleh ahli kesuburan, dr.Jaime Knopman, "Begitu hormon kehamilan hadir dalam tubuh, organ-organ akan memperhatikan. Dan itu (organ-organ tubuh) akan bertindak berbeda bahkan dari hari-hari sebelum lewat masa menstruasi."

Dikutip dari Bustle, setiap wanita berbeda, ada yang tidak merasakan kehamilan sama sekali. Ada juga yang gejalanya sangat mirip dengan PMS (Pre Menstrual Syndrome), seperti payudara yang nyeri dan bengkak, kram perut, sakit kepala.


Lalu, apa saja ciri hamil muda yang unik dan jarang disadari? Berikut dikutip dari berbagai sumber sepuluh cirinya.


1. Sering haus

Jika Bunda sangat haus, mungkin sudah saatnya untuk melakukan tes kehamilan. Seperti yang dikatakan ahli infertilitas alami, Kristin N. Burris, sejumlah pasiennya akan melaporkan bahwa tidak peduli berapa banyak air yang mereka minum, mereka tidak bisa terhidrasi.

2. Mendadak malas gerak

Ciri hamil muda salah satunya kelelahan. Rasanya Bunda tidak bisa bangun dari tempat tidur. Jenis kelelahan ini terjadi hingga setengah dari seluruh usia kehamilan dan dapat mulai lebih awal.

3. Sering mencium bau aneh

Wanita hamil akan sering mengeluh tentang hal-hal berbau aneh, busuk, seperti makanan atau sampah yang tidak dapat dicium oleh orang lain. Knopman bilang, hormon yang meningkat seperti hCG dan progesteron dapat segera memengaruhi indra penciuman.

4. Muak dengan makanan favorit

Mengidam makanan adalah keluhan kehamilan yang paling dikenal. Tapi tahukah Bunda bahwa mungkin juga saat hamil, wanita bisa tidak menyukai makanan favoritnya? Karena pengaruh perubahan hormon dan rasa mual, maka makanan favorit pun dianggap angin lewat.

[SLA5] 10 Ciri-ciri Hamil Muda yang UnikFoto: Thinkstock

5. Ada perubahan warna kulit

Pernahkah Bunda memperhatikan bahwa puting susu terlihat lebih gelap, atau mungkin pigmen di wajah? Jika demikian, dokter kandungan Gerardo Bustillo, MD, OB/GYN, memberi tahu ini bisa menjadi tanda awal kehamilan.

"Perubahan kulit termasuk kemerahan pada telapak tangan (palmar erythema), peningkatan pigmentasi pada wajah, penggelapan linea alba (garis di bagian depan perut mengalir melalui tombol perut ke area kemaluan), dan penggelapan puting," ujarnya.

6. Merasa kegerahan atau kepanasan

Jika Bunda memperhatikan lebih banyak berkeringat dari biasanya, terutama yang pertama di pagi hari itu bisa berarti ciri hamil muda. Menurut Healthline, ovulasi membuat suhu tubuh naik. Jadi, jika perasaan panas itu bertahan selama lebih dari dua minggu, Bunda mungkin memiliki telur yang sudah dibuahi.

7. Pilek terus-menerus

Bagi sebagian wanita, kehamilan ditandai dengan pilek terus-menerus. Seperti yang ditunjukkan oleh Parenting, peningkatan hormon dan produksi darah menyebabkan selaput lendir membengkak, kering dan berdarah.
[SLA5] 10 Ciri-ciri Hamil Muda yang UnikFoto: iStock
8. Produksi banyak air liur

Jika Bunda merasa memiliki lebih banyak air liur, mungkin mengalami kondisi yang disebut "ptyalism" yang umum di trimester pertama.

"Sebagian besar percaya ptyalism sebenarnya mewakili ketidakmampuan wanita mual untuk menelan jumlah air liur normal daripada peningkatan sebenarnya dalam produksi air liur," kata dokter kandungan dr.Jorge Pando dikutip dari Insider.


9. Adanya skin tag di kulit

Selain perubahan warna kulit, sebagian wanita memiliki skin tag saat hamil muda. Jadi jangan kaget jika Bunda melihat beberapa skin tag baru muncul di tempat-tempat yang tak terduga. Ini benar-benar normal dan, seperti yang dikatakan dokter kulit Diane Berson kepada Fit Pregnancy, mereka sama sekali tidak berbahaya akibat perubahan hormon.

10. Gusi berdarah

Dalam beberapa kasus, gusi berdarah bisa menjadi ciri hamil muda. Menurut Baby Center, hormon kehamilan lah yang membuat gusi lebih sensitif terhadap bakteri.

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi