kehamilan

Manfaat Suplemen Progesteron untuk Bantu Kuatkan Kandungan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 15 Jul 2019 17:30 WIB
Manfaat Suplemen Progesteron untuk Bantu Kuatkan Kandungan
Jakarta - Setiap kehamilan berisiko mengalami keguguran. Terutama saat trimester kehamilan pertama, masih rentan mengalami keguguran.

Itu sebabnya beberapa dokter meresepkan obat penguat kandungan di awal kehamilan. Terutama bagi Bunda yang memiliki gangguan pada rahim, sehingga kandungannya butuh support ekstra.

Melansir Time, dalam studi yang diterbitkan jurnal Fertility & Sterility, dua pertiga wanita yang menggunakan suplemen hormon sebelum kehamilan berhasil melahirkan bayi meskipun sempat mengalami dua keguguran sebelumnya.


Progesteron pun diketahui terbukti membantu menstabilkan lapisan dalam rahim yang disebut endometrium, faktor penting untuk perkembangan embrio yang sehat. Suplemen progesteron juga dikenal sebagai progesteron mikro, yang telah direkomendasikan selama lebih dari 50 tahun bagi wanita yang berjuang dengan infertilitas.

Manfaat Suplemen Progesteron untuk Bantu Kuatkan KandunganIlustrasi suplemen progesteron kuatkan kandungan/ Foto: iStock
"Penggunaan progesteron pada paruh kedua siklus menstruasi, dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih tinggi untuk memiliki bayi dan itu merupakan kabar baik. Progesteron juga aman digunakan pada awal kehamilan dan mudah digunakan serta tidak mahal," kata Dr Mary Stephenson, director of the recurrent pregnancy loss program di University of Illinois Hospital and Health Sciences.

Pada umumnya, progesteron dapat diresepkan dalam beberapa bentuk termasuk krim, kapsul, dan pil yang dimasukkan ke vagina dengan aplikator. Usai digunakan, beberapa praktisi merekomendasikan untuk berbaring selama 30 - 60 menit, demikian dilansir Very Well Family.

Meski demikian, pastikan Bunda untuk selalu mengikuti instruksi yang direkomendasikan ahli medis. Pastikan juga untuk menanyakan pada petugas medis bagaimana cara terbaik menyimpannya untuk mempertahankan kualitasnya saat digunakan.

Semoga bermanfaat, Bun.

Bunda, simak juga penjelasan kondisi wanita yang rentan mengalami hamil anggur dalam tayangan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi