sign up SIGN UP search


kehamilan

Peran Penting Hormon Progesteron Dalam Kehamilan, Apa Saja?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 29 Jan 2021 12:42 WIB
Young Pregnant woman touching stomach while waiting Travail towards window at hospital ward caption

Jakarta - Hormon progesteron memiliki peran penting bagi wanita. Tidak saja dalam kesehatan, tetapi juga dalam kesuburan wanita. Lalu, apa saja ya peran penting lain dari hormon progesteron? Cari tahu yuk, Bunda.

Progesteron diketahui merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk kesuburan dan menstruasi. Hormon ini juga mempersiapkan endometrium, lapisan paling dalam dari rahim untuk kehamilan. Hormon progesteron membantu menebalkan endometrium untuk mendukung implantasi, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Jika kehamilan terjadi, tubuh dan plasenta akan terus mengeluarkan progesteron untuk mendukung pertumbuhan janin. Kadar hormon progesteron sedianya akan terus meningkat selama kehamilan.


Progesteron diketahui membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan rambut yang sehat. Serta, dapat dikatakan juga bahwa hormon progesteron dapat membantu tidur nyenyak dan mencegah kanker endometrium. 

Peran hormon progesteron juga sangat vital dalam hal kemampuan membawa Bunda hamil, serta mengawal kehamilan tersebut sampai cukup bulan jelang persalinan.

Setelah ovulasi, progesteron menyebabkan lapisan rahim menebal dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk sel telur/embrio yang telah dibuahi. Jika Bunda memiliki kadar progesteron yang rendah, mungkin akan mengalami siklus menstruasi yang tidak normal. Bunda pun pada akhirnya akan kesulitan untuk hamil.

"Progesteron mencegah kontraksi otot yang terjadi di rahim yang akan menyebabkan tubuh menolak sel telur,"ujar Dr Natalia Novikova, seorang ginekolog dan ahli bedah endoskopi di Medclinic Cape Town, seperti dikutip dari laman Medclinic Infohub.

Selain itu, wanita dengan kadar progesteron yang rendah saat hamil, memiliki risiko lebih tinggi mengalami keguguran atau persalinan prematur. Untuk informasi selengkapnya, klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video perlindungan untuk ibu hamil dan balita selama pandemi COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner nama anak Asmirandah



Peran Hormon Progesteron dalam Kehamilan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi