kehamilan

Benarkah Pelihara Kucing Bisa Sebabkan Kemandulan?

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 17 Jul 2019 18:24 WIB
Benarkah Pelihara Kucing Bisa Sebabkan Kemandulan?
Jakarta - Bunda, pasti pernah dengar kan kalau kuman toksoplasma bisa sebabkan infertilitas atau kemandulan? Ada yang bilang kalau kuman tersebut banyak ditemukan pada kucing.

Itu sebabnya, banyak perempuan yang menolak memelihara kucing karena takut terkena infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii. Tapi benarkan memelihara kucing bisa sebabkan kemandulan?

"Sebenarnya enggak perlu khawatir karena itu hanya mitos. Enggak ada hubungannya pelihara kucing selama (kucingnya) bersih, terjaga, dan kita juga menjaga kebersihan tubuh dan daya tahan tubuh dengan baik," ujar dr.Reisa Broto Asmoro dalam tayangan Dr.Oz Indonesia.


Menurut Reisa, selama ini toksoplasma biasanya ditemukan dalam kotoran kucing, Bun. Enggak hanya bisa masuk ke area reproduksi wanita karena bisa juga menyerang laki-laki. Bahkan dari ujung hingga ujung kepala lho.

Ngomongin toksoplasma, Bunda juga harus waspada pada beberapa hal nih. Di antaranya menjaga kebersihan makanan dan memastikannya telah dimasak dengan matang.

Toksoplasma yang dihubungkan dengan kucing yaitu kuman toksoplasma bisa masuk ke organ reproduksi wanita. Bisa masuk dari ujung kaki ke ujung kepala.

Benarkah Pelihara Kucing Bisa Sebabkan Kemandulan?Toksoplasma sebabkan kemandulan/ Foto: iStock

"Atau bisa juga nih kalau kita makan di luaran makannya enggak bersih, daging masih enggak matang, sayur kaya lalapan enggak bersih nyucinya jadi pas ada kuman toksoplasmanya bisa masuk lewat makanan kita," ucapnya lebih lanjut.

Mencegah memang lebih baik daripada menyesal ya, Bun. Sebab, pada kebanyakan wanita yang belum hamil toksoplasmosis tidak memiliki gejala yang gampang dikenali. Seperti dilansir Tommys, banyak orang tidak menyadari kuman toksoplasma karena rasanya hanya seperti flu ringan biasa.

Tapi, ada juga sebagian orang yang merasakannya dalam jangka panjang gejalanya mirip dengan demam kelenjar dan pembengkakan kelenjar getah bening. Pada ibu hamil berisiko membahayakan janin yang Bunda kandung.

Sama seperti penjelasan Reisa, para ahli juga menyebutkan kalau parasit tersebut bisa ditemukan dalam daging, kotoran kucing, tanah tempat kucing buang ais besar, dan susu kambing yang tidak dipasteurisasi.

Meski memelihara kucing, Bunda bisa kok terbebas dari toksoplasma asal menjaga kebersihannya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi