kehamilan

Tanda Mau Melahirkan: Nyeri Punggung Terus-menerus

Maya Sofia Kamis, 18 Jul 2019 18:30 WIB
Tanda Mau Melahirkan: Nyeri Punggung Terus-menerus
Jakarta - Saat waktu bersalin sudah dekat, tubuh Bunda akan mulai memberi tanda sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan. Selain kontraksi dan flek, biasanya Bunda akan mengalami sakit punggung.

Dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, dr.Fredrico Patria, Sp.OG, mengatakan, nyeri pada punggung sangat umum terjadi. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya relaksasi tulang sendi dan ikatan-ikatannya.

Selain itu, gerakan bayi yang semakin menekan tulang belakang juga membuat punggung terasa nyeri. Melansir dari Parents, ibu hamil memang banyak mengalami nyeri punggung selama berbulan-bulan.


Namun jika nyeri yang dirasakan semakin luar biasa, bisa jadi itu tanda bahwa Bunda mau melahirkan. Kondisi ini juga terkadang disebut dengan istilah back labor.

Tanda Mau Melahirkan: Nyeri Punggung Terus-menerusIlustrasi nyeri punggung saat hamil tanda mau melahirkan. (Foto: iStock)
Nyeri punggung berlebih saat mau melahirkan terjadi pada sepertiga hamil. Normalnya, bayi menuruni jalan lahir dengan wajah menempel di tulang belakang Bunda.

Namun dalam beberapa kasus, bayi turun dengan tengkorak mengenai tulang punggung Bunda. Alhasil, Bunda akan mengalami nyeri terus-menerus yang menjalar ke perut, tetapi sebagian besar terkonsentrasi di punggung.

"Apakah Anda mengalami sakit punggung sebenarnya atau tidak, nyeri punggung yang menyiksa adalah tanda pasti bahwa Anda siap melahirkan," ujar bidan bersertifikat di Atlanta, Kay Johnson.

Simak juga pengalaman presenter Nadia Mulya hamil dan melahirkan empat kali dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi