kehamilan

Membaca Hasil USG 2D, 3D, atau 4D, Mana Lebih Mudah?

Asri Ediyati Rabu, 17 Jul 2019 18:56 WIB
Membaca Hasil USG 2D, 3D, atau 4D, Mana Lebih Mudah?
Jakarta - Seiring perkembangan zaman, teknologi ultrasonografi (USG) atau ultrasound makin canggih. Dari yang 2D (dua dimensi), kemudian 3D, dan terakhir 4D. Biasanya hasil USG akan dibaca oleh dokter, namun sebagian orang tua baru ingin juga bisa membacanya.

Lantas, mana yang lebih mudah untuk dibaca orang awam? Menurut dr.Rinto Riantori SpOG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, untuk pengukuran janin bisa dilakukan dengan USG 2D. Namun dengan kemajuan teknologi, USG 3D bisa melihat bentuk janin secara utuh.

"Zaman sekarang ini sudah ada USG 3D realtime atau yang disebut USG 4D yang bisa melihat bentuk janin secara utuh dan bergerak," kata Rinto kepada HaiBunda.

Apa perbedaannya? Dikutip dari Verywell Family, USG 2D memberi Bunda gambar janin secara garis besar saja, namun bisa digunakan untuk melihat organ dalam janin. USG 2D membantu dalam mendiagnosis kelainan jantung, masalah pada ginjal, dan masalah internal potensial lainnya.


Lalu, gambar 3D digunakan untuk menunjukkan gambar eksternal tiga dimensi yang mungkin membantu dalam mendiagnosis masalah seperti bibir sumbing. Kemudian untuk USG 4D gambarnya bergerak seperti menonton video atau film.
Membaca Hasil USG 2D, 3D, atau 4D, Mana Lebih Mudah?Ilustrasi USG/ Foto: iStock
Masing-masing jenis USG ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyak keluarga lebih suka gambar 3D karena terlihat nyata daripada gambar 2D yang lebih datar. Orang tua sering menginginkan USG 3D dan 4D karena mereka bisa melihat wajah bayi untuk pertama kalinya.

Namun, jika Bunda hanya melakukan USG 2D, tidak masalah. Ada cara mudah untuk membacanya. Dikutip dari E.I Medical, Bunda setidaknya tahu sedikit tentang dasar anatomi tubuh manusia.

Lalu, karena konsep USG itu adalah gelombang suara, berbagai jaringan tubuh menghasilkan suara yang berbeda. Beberapa jaringan menyerap gelombang suara sementara yang lain memantulkannya.

Alhasil citra dari USG 2D berwarna hitam, abu-abu, dan hitam. Fluida atau cairan akan selalu berwarna hitam, dan jaringan berwarna abu-abu. Jaringan yang lebih padat, seperti tulang akan berwarna putih. Kalau Bunda sudah paham, Bunda akan dengan mudah melihat bagian kepala, organ tubuh, dan kaki.

Jadi, kesimpulannya kalau Bunda mau melihat anatomi luar tubuh janin terutama muka, akan lebih mudah membaca hasil USG 3D atau 4D. Jika Bunda juga ingin melihat organ dalamnya, USG 2D lah yang jadi pilihan. (aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi