kehamilan

Siklus Haid Vs USG, Mana Lebih Akurat Hitung Usia Kehamilan?

Annisa Karnesyia Sabtu, 15 Jun 2019 15:32 WIB
Siklus Haid Vs USG, Mana Lebih Akurat Hitung Usia Kehamilan?
Jakarta - Menghitung usia kehamilan memang enggak boleh sembarangan, Bun. Jika salah, prediksi kelahiran bayi pun bisa melenceng.

Ada dua cara yang bisa Bunda lakukan untuk menghitung usia kehamilan. Melalui hari pertama haid terakhir (HPHT) dan ultrasonografi (USG).




Melansir dari American Pregnancy, melakukan USG untuk tahu usia kehamilan lebih akurat dibanding HPHT. Namun, kembali lagi ke siklus haid ya.

Bila siklus haid teratur, Bunda bisa lakukan perhitungan dengan sistem HPHT lalu langsung mengecek dengan USG. Nah, bila siklus haid tidak teratur, sebaiknya segera lakukan USG untuk bisa mengetahui usia kehamilan.

Si calon ibu dapat melakukan USG 5 sampai 6 minggu setelah periode haid terakhir. Waktu terbaik untuk memperkirakan usia kehamilan dengan USG adalah saat usia kehamilan berusia 8 sampai 18 minggu. Melakukan USG di awal kehamilan lebih akurat dibanding akhir kehamilan.

Keakuratan HPHT dan USG tergantung dari siklus haid, waktu ovulasi yang terjadi pada hari ke-14, dan waktu konsepsi. Banyak wanita tidak ingat waktu ovulasi dan konsepsinya, sehingga USG pada trimester pertama adalah pemeriksaan paling akurat untuk mengetahui usia kehamilan, seperti dikutip dari The Mothers Program.

Siklus Haid Vs USG, Mana Lebih Akurat HItung Usia Kehamilan?Siklus Haid Vs USG, Mana Lebih Akurat HItung Usia Kehamilan?/ Foto: iStock

Misalnya, jika pada trimester pertama estimasi USG jatuh dalam waktu satu minggu dari perkiraan HPHT, maka dokter biasanya menggunakan perhitungan HPHT. Jika estimasi USG berbeda lebih dari satu minggu dari HPHT, estimasi perhitungan yang digunakan adalah USG. Metode ini berlanjut pada trimester berikutnya.

Siklus haid memang penting untuk menentukan usia kehamilan, Bun. Menurut dr.Finekri Abidin, SpOg(K), jika siklus haid normal, si calon ibu bisa melakukan perhitungan melalui HPHT. Jika siklus haid tidak normal, disarankan langsung melakukan USG.


Tapi, ternyata kemajuan teknologi juga memiliki peranan besar dalam menentukan usia kehamilan. Saat ini, kata Finekri, USG bisa menentukan usia kehamilan bahkan dari trimester awal.

"Sekarang dengan kemajuan teknologi dengan adanya USG, kita bisa konfirmasi usia kehamilan pada saat trimester pertama," ujarnya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi