kehamilan

3 Perubahan Bentuk Tubuh Jadi Tanda Mau Melahirkan

Maya Sofia Sabtu, 20 Jul 2019 08:03 WIB
3 Perubahan Bentuk Tubuh Jadi Tanda Mau Melahirkan
Jakarta - Jika Bunda baru pertama kali hamil, pastinya akan bertanya-tanya seperti apa tanda mau melahirkan. Rasa penasaran ini wajar saja dan malah perlu agar Bunda bisa lebih siap dalam menghadapi proses persalinan nanti.

Secara alami, tubuh biasanya akan memperlihatkan tanda-tanda Bunda mau melahirkan. Salah satunya adalah perubahan bentuk tubuh.

Melansir dari buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal dengan dr.Fredrico Patria, Sp.OG sebagai supervisi ahli, perubahan hormon pada saat akan melahirkan dapat membuat bentuk tubuh Bunda berubah. Sebagai contoh, tulang kemaluan akan melebar sehingga dasar panggul semakin melunak dan hal ini mempermudah jalan lahir bayi.


Selain itu, payudara Bunda juga akan makin membesar karena ASI sudah mulai diproduksi. Mengutip dr.Arie Adrianus Polim, D.MAS, Sp.OG(K) dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil, payudara membesar karena bertambahnya kelenjar penghasil susu dan bertambahnya jumlah lemak yang ada di sekitar payudara.

Tanda Mau Melahirkan: Perubahan Bentuk TubuhPayudara semakin membesar adalah salah satu tanda mau melahirkan. (Foto: iStock)

Adapun warna puting payudara Bunda dan daerah di sekitarnya akan semakin gelap. Tak perlu khawatir, Bun. Hal ini disebabkan pengaruh pigmen hormon kehamilan.

Sementara postur tubuh Bunda akan mengimbangi beban tambahan di bagian depan dengan cara mencondongkan tubuh ke belakang. Dilansir buku Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran, pada usia kandungan 40 minggu, pusat gravitasi telah bergeser sehingga Bunda cenderung akan membentur atau menjatuhkan benda-benda.

Bunda juga bisa simak bagaimana cara membersihkan tali pusar bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi