kehamilan

Cerita Istri Rifky Balweel Alami Flek karena Plasenta Previa

Yuni Ayu Amida Kamis, 25 Jul 2019 16:28 WIB
Cerita Istri Rifky Balweel Alami Flek karena Plasenta Previa
Jakarta - Aktor Rifky Balweel tengah berbahagia. Pasalnya, sang istri, Biby Alraen sedang mengandung buah cinta pertama mereka.

Namun, semasa kehamilan, Biby mengaku sering mengalami flek terutama saat banyak beraktivitas. Hal ini pun sempat membuatnya panik dan berpikir aneh-aneh.

"Gak bisa bgt kecapean sedikitpun, setelah di cek ternyata letak placenta bener" dibawah rahim deket bgt sama mulut rahim (placenta previa) itu yang buat jadi gampang flek kalo kecapean," tulis Biby di Instagram pribadi @bibyalraen13.




Sebagai ibu hamil yang mengalami plasenta previa, Biby pun berpesan, khususnya ibu hamil yang mengalami hal serupa dengannya untuk selalu memantau kehamilan dan letak plasenta. Selain itu, dia juga meminta doa agar kehamilannya berjalan baik sampai proses persalinan nanti.

"Karna kalo dibawah bgt kaya aku, jd gampang flek bahkan sampe pendarahan kaya mens dan harus ekstra jaga dan gak blh terlalu banyak aktivitas," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



Dijelaskan dr.Karno Suprapto, Sp.OG, salah satu penyebab terjadi flek di kehamilan adalah karena ari-ari bayi terletak agak di bawah dekat mulut rahim, mendekati jalan lahir. Kadang, sebagian bunda menganggap perdarahan dalam kehamilan adalah haid, padahal itu suatu tanda yang harus diwaspadai.

"Ibu-ibu yang keluar darah coklat muda dan sudah terlambat kira-kira 5 hari, sudah harus waspada. Mungkin memang hamil tapi dalam kehamilan tersebut ada sedikit gangguan," ujar Karno.

Sedangkan dikatakan dr.Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), dokter kandungan dari RSCM, kondisi ari-ari atau plasenta menempel di bagian bawah rahim dan menutup jalan lahir janin disebut plasenta previa. Salah satu gejalanya yaitu terjadinya perdarahan.

"Plasenta previa ini menyumbang 5 - 15 persen angka kematian ibu (AKI)," tutur Dwiana, dilansir detikcom.

Menurut Dwiana, cara mengatasi perdarahan tersebut adalah dengan operasi untuk mengeluarkan si bayi. Ia pun mengingatkan agar kasus semacam ini segera ditangani.

Simak pula video soal bayi tabung ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi