kehamilan

Tanda Mau Melahirkan: Munculnya Nesting Instinct

Asri Ediyati Selasa, 23 Jul 2019 14:42 WIB
Tanda Mau Melahirkan: Munculnya Nesting Instinct
Jakarta - Hari-hari jelang kelahiran buah hati, ibu hamil akan memiliki naluri keibuan atau dikenal dengan istilah nesting instinct. Sama seperti hewan, manusia juga memiliki naluri demikian, menurut Hilda Hutcherson, M.D, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Columbia University, di kota New York, nesting adalah cara alami untuk memastikan bahwa lingkungan tempat kita membawa anak akan aman, hangat, dan ramah.

Naluri keibuan yang muncul pada kita, manusia yakni membereskan rumah, menyiapkan kamar bayi, mencuci pakaian. Dikutip dari Baby Center, ciri ibu hamil yang mengalami nesting instinct yakni memiliki energi yang cukup besar sehingga bersemangat untuk membersihkan rumah.

Selain fisik, nesting biasanya melibatkan persiapan emosional untuk menjadi orang tua. Belum banyak penelitian yang dilakukan tentang naluri keibuan ini. Salah satu dari sedikit studi formal, yang dilakukan pada 2013, menemukan bahwa wanita hamil menghabiskan lebih banyak waktu membersihkan dan mengatur rumah mereka daripada wanita yang tidak hamil.


Para ibu juga lebih selektif dengan orang-orang yang menemani dan cenderung lebih suka tetap dekat dengan rumah jelang melahirkan. Lantas, apa sih penyebabnya? Tidak ada yang tahu persis apa yang memicu perilaku itu, tetapi para ahli menduga bahwa hormon memainkan peran besar.

Tanda Mau Melahirkan: Munculnya Nesting InstinctIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
"Selama kehamilan, tubuh memproduksi oksitosin dan prolaktin dalam jumlah yang meningkat, keduanya dianggap bertanggung jawab atas ikatan ibu. Hormon-hormon ini mencapai tingkat puncak pada bulan terakhir kehamilan," kata Louann Brizendine, MD, direktur Women's Mood & Hormone Clinic di University of California di San Francisco dan penulis The Female Brain.

Nah, nesting instinct yang dimiliki para ibu akan berbeda levelnya. Ada yang sama sekali tak merasa harus membereskan kamar bayi, hanya ingin beristirahat. Brizendine bilang biasanya nesting instinct muncul pada ibu hamil pertama kali.

"Wanita yang sudah melahirkan cenderung tidak terobsesi dengan mempersiapkan kamar bayi baru," kata Brizendine dikutip dari Parents.

Di buku Ensiklopedia Kehamilan dan Kelahiran, sang penulis dr.Miriam Stoppard menyarankan ibu hamil lebih baik menyimpan energi ekstranya. Hal ini supaya ibu tak kewalahan menghadapi persalinan.

"Anda mungkin tiba-tiba ingin melakukan persiapan akhir untuk menyambut kedatangan bayi. Jika Anda ingin segera membersihkan atau mendekorasi rumah, atau memasak dalam porsi besar, tahan keinginan tersebut. Simpan energi ekstra ini untuk menghadapi persalinan," tulis Stoppard.

Simak juga cara menghilangkan selulit atau stretch mark dengan bubuk kopi melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi