kehamilan

Panji Trihatmodjo dan Varsha Strauss Gelar Syukuran 7 Bulanan

Maya Sofia Rabu, 07 Aug 2019 11:35 WIB
Panji Trihatmodjo dan Varsha Strauss Gelar Syukuran 7 Bulanan
Jakarta - Pasangan Panji Trihatmodjo dan Varsha Strauss baru saja melangsungkan syukuran tujuh bulanan. Seperti diketahui, Varsha tengah mengandung anak pertamanya dengan cucu Presiden Republik Indonesia ke-2, Soeharto, tersebut.

Mengutip Insertlive, kabar bahagia ini terungkap dari sebuah akun Instagram. Dalam foto acara tujuh bulanan adat Jawa itu atau biasa disebut mitoni, Varsha terlihat sedang menjalani proses siraman.

Perempuan keturunan Austria ini mengenakan kain berwarna biru. Penampilannya semakin ayu dengan tatanan rambut disanggul. Sementara itu, Panji berdiri di sampingnya sambil memegang perut sang istri.


Panji Trihatmodjo dan Varsha Strauss Gelar 7 Bulanan KehamilanPanji Trihatmodjo & Varsha Strauss. (Foto: instagram)

Mengutip detikcom, mitoni digelar sebagai simbol ucapan syukur kepada Tuhan untuk keselamatan calon orang tua dan anaknya. Bayi yang akan dilahirkan juga diharapkan sehat, selamat, serta kelahirannya berjalan lancar. Dalam acara mitoni ada beberapa langkah ritual dilakukan seperti siraman, pendandanan, hingga angreman.

Untuk upacara siraman biasanya dilakukan di kamar mandi atau tempat khusus untuk siraman yang berada di halaman belakang atau samping rumah.

Setelah prosesi siraman, kendi yang digunakan untuk mengucurkan air suci dilemparkan ke tanah. Jika kendi tersebut pecah berarti akan lahir seorang bayi perempuan dan jika tidak pecah berarti bayi yang dilahirkan adalah laki-laki.

Telur digunakan untuk acara angreman yang artinya mengerami telur. Dalam langkah ini, kedua calon orang tua duduk di atas tumpukan kain yang tidak dipakai seolah-olah sedang mengerami telur hingga waktunya menetas. Cara ini menyimbolkan bahwa bayi yang dilambangkan dengan telur terjaga hingga waktunya dilahirkan.

Hingga saat, ini saat acara tujuh bulanan rujak masih menjadi salah satu simbol. Calon orang tua akan berjualan rujak dan juga es dawet plecing dengan alat pembayaran berbentuk uang, kreweng atau pecahan genteng yang ditaruh dalam kuali. Kuali yang berisi uang akan dipecahkan, hal ini menggambarkan bayi yang lahir akan mendapatkan rezeki.

Bunda juga bisa simak cara menghitung usia kehamilan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi