menyusui

Cerita Nina Zatulini Saat Sang Anak Sempat Alami Bingung Puting

Annisa Karnesyia Senin, 12 Aug 2019 11:39 WIB
Cerita Nina Zatulini Saat Sang Anak Sempat Alami Bingung Puting
Jakarta - Tidak semua ibu bisa dengan mudah memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif pada anaknya. Inilah yang dialami pesinetron Nina Zatulini.

Anak pertama Nina, Kenzie, pernah mengalami mendadak tidak mau menyusu karena bingung puting. Dikutip dari detikcom, hal ini terjadi saat Nina mengandung anak keduanya, padahal Kenzie masih menyusu.

"Jadi anak pertama aku pernah ngalamin yang namanya 'bingung puting'. Itu terjadi karena aku sempat kasih dot di umur dia yang masih 1 tahun 6 bulanan dan berhenti nyusuin karena lagi hamil anak kedua," kata Nina.


Saat mengalami masalah ini, Nina sempat bingung. Akhirnya, wanita 27 tahun itu berkonsultasi dengan dokter. Nina pun mengatasinya dengan memulai tahapan skin to skin. Kenzie sampai dibawa ke mana pun Nina pergi, Bun.

"Saat masalah 'bingung puting' itu, aku berasa jadi IMD (Inisiasi Menyusui Dini) lagi sih," ujar Nina.

Bingung puting, menurut dr.Meta Hanindita Sp.A adalah keadaan di mana bayi menolak menyusu dari payudara ibu karena diberi dot sebelumnya. Ini terjadi karena cara menyusu dari payudara dan dot berbeda, Bun.

"Saat menyusu dari payudara, ASI tidak akan keluar jika berhenti mengisap dan memompa. Tapi dari dot, susu akan tetep keluar walaupun tidak diisap dan dipompa," tutur Meta dalam buku Mommypedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0 - 1 Tahun.

Nina Zatulini bersama suami dan anaknyaNina Zatulini bersama suami dan anaknya/ Foto: Ismail/detikFoto

Melansir dari Healthlinebingung puting dipengaruhi juga oleh koordinasi mulut dan rahang bayi. Cara mudah mengatasi bingung puting yakni dengan memberikan waktu ibu dan si kecil membangun hubungan menyusu lagi.

Bunda bisa mengurangi penggunaan botol dot secara perlahan pada si kecil. Jangan menunggu waktu untuk menyusu, buatlah waktu agar Bunda dan si kecil siap saat melakukan proses ini.

"Pastikan bayi dalam keadaan senang. Coba tirukan gerakan menyusu dan perbanyak berikan sentuhan sambil menatap mata anak," kata pakar kesehatan anak, Karen Gill, MD.

Soal menyusui, Bunda bisa simak jenis-jenis puting tidak normal untuk menyusui si kecil di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi