kehamilan

Alasan Nina Zatulini Setop Pakai Skin Care Saat Hamil

Yuni Ayu Amida Kamis, 08 Aug 2019 07:00 WIB
Alasan Nina Zatulini Setop Pakai Skin Care Saat Hamil
Jakarta - Wanita hamil biasanya banyak mengalami kekhawatiran, Bun. Mulai dari kebutuhan nutrisi, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, sampai kecemasan penggunaan krim perawatan wajah dan tubuh. Seperti dirasakan artis Nina Zatulini.

Diakui Nina, saat hamil, dia menghentikan pemakaian produk skin care apapun. "Waktu hamil anak pertama, aku sama sekali enggak gunakan skin care, sampai aku menyusui," ujar Nina, usai mengisi acara di Jakarta, Selasa (6/8/2019).




Ketika itu, dia merasa khawatir jika produk skin care menyebabkan sesuatu pada janin dalam kandungannya. Sebagai gantinya, dia hanya melakukan perawatan wajah sewajarnya saja.

"Aku takutnya ini kan kulit, terus langsung kontak ke badan, di pikiran aku tuh ini bakalan nyerap ke badan, masuk ke darah, ke janin," terangnya.

"Paling aku cuma kayak cuci muka, atau kalau lagi pakai make up tebal gini, aku bersihkannya misal kayak olive oil, minyak zaitun, minyak-minyak gitu, micellar water, itu juga masuknya aman kan yah."

Dalam kesempatan yang sama, dikatakan Dokter Umum dan Pemerhati Kesehatan Ibu & Anak, dr.Annisa Oktantiani, MPH, saat hamil memang sebaiknya Bunda hindari pemakaian skin care. Alasannya karena produk skin care biasanya mengandung bahan yang tidak aman untuk wanita hamil, salah satunya retinoic acid.

"Retinoic acid, jadi dia itu bisa berefek ke janin makanya enggak baik. Biasanya skin care itu ingredient-nya kan ada beberapa, itu yang mesti kita cek," ujar wanita yang akrab disapa Tantiani ini.

Alasan Nina Zatulini Setop Pakai Skin Care Saat HamilFoto: Instagram/ Istimewa


Untuk pemakaian produk yang beredar luas di pasaran, meskipun sebenarnya Tantiani tidak terlalu merekomendasikan, namun biasanya itu cukup aman. Tapi yang terpenting, Bunda periksa dulu kandungan bahan dari kosmetik tersebut. Bumil harus teliti lho.

"Pahami apakah produk tertentu mengandung bahan yang berbahaya bagi diri sendiri dan bayi, atau apakah kandungan tertentu baik atau kurang baik," ujarnya.

Meski demikian, kata Tantiani, biasanya produk skin care dengan kandungan bahan tinggi tidak beredar begitu saja di pasaran. Untuk penggunaannya pun harus diresepkan dan dengan pengawasan dokter. Supaya aman, baiknya bumil berhenti dulu memakai skin care apapun.

Simak pula video soal skin care bikin iritasi ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi