kehamilan

Bunda Perlu Tahu, 6 Cara Aman Turunkan Demam Saat Hamil

Yuni Ayu Amida Sabtu, 12 Oct 2019 14:20 WIB
Bunda Perlu Tahu, 6 Cara Aman Turunkan Demam Saat Hamil
Jakarta - Demam saat hamil bisa berisiko lho, Bunda. Namun, kita bisa mengurangi risikonya dengan menurunkan demam tersebut sesegera mungkin.

Dikatakan ahli genetika klinis Siobhan Dolan, M.D., demam adalah kondisi ketika temperatur tubuh lebih tinggi dari 38 derajat Celsius. Jika ibu hamil merasakan tidak enak badan, segera bicarakan pada dokter untuk mengidentifikasi penyebabnya.

"Jika Anda mengalami demam cukup lama, bisa protein tidak bekerja dengan baik dan berisiko pada keguguran. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan cacat lahir," tutur Dolan, dilansir Baby Center.


Selain itu, mengutip Healthline, dalam beberapa penelitian, demam selama trimester pertama dikaitkan dengan peningkatan risiko langit-langit sumbing, kelainan jantung, dan kelainan tabung saraf.

Namun, studi ini tidak mempertimbangkan penyebab demam, jadi tidak dapat dipastikan bahwa apakah cacat itu disebabkan oleh demam itu sendiri, atau oleh apa pun yang menyebabkan demam seperti infeksi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyelesaikan masalah ini.

Bunda Perlu Tahu, 6 Cara Aman Turunkan Demam Saat HamilFoto: shutterstock


Dolan kemudian menyarankan, jika Bunda ingin menurunkan demam tanpa menggunakan obat seperti acetaminophen, Bunda dapat mencoba beberapa metode berikut:

1. Berbaringlah dan letakkan waslap yang dingin dan lembab di dahi.

2. Mandi air hangat, hindari menggunakan air dingin, karena dapat menyebabkan menggigil serta lonjakan suhu. Air hangat akan bekerja dengan baik. Demam akan turun saat air menguap dari kulit.

3. Minum banyak cairan agar tetap terhidrasi dan membantu mendinginkan tubuh dari dalam ke luar.

4. Nyalakan kipas angin. Jangan biarkan itu langsung mengarah ke tubuh, karena itu bisa membuat kita kedinginan. Sebagai gantinya, atur di pengaturan rendah dan biarkan anginnya beredar di sekitar kita.

5. Tidak perlu pakai pakaian tebal, pakailah pakaian yang tipis. Namun, jika kita kedinginan, bungkus diri dalam selimut tipis, sampai kita merasa cukup hangat untuk melepasnya. Serta tetaplah berada di dalam ruangan yang udaranya sejuk.

6. Untuk mengurangi kemungkinan demam, lakukan langkah-langkah praktis seperti sering mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang sakit, dan mendapatkan vaksin flu.

Simak pula cerita Tantri Kotak yang hamil dengan toksoplasma dalam tayangan berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi