menyusui

Bunda Wajib Simak, Penyebab ASI Berubah Warna

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 17 Sep 2019 18:09 WIB
Bunda Wajib Simak, Penyebab ASI Berubah Warna
Jakarta - Pada umumnya, ASI terlihat berwarna putih atau kekuningan. Tetapi, Bun, ternyata warna ASI juga dapat berubah-ubah sepanjang periode menyusui. Cari tahu penyebabnya yuk, Bun!

Pada titik tertentu selama menyusui, biasanya Bunda akan menemukan bahwa ASI dapat berubah ke warna lain. Dikatakan Frances Jones, koordinator layanan laktasi di BC Women Hospital bahwa warna ASI memang dapat berubah karena berbagai alasan, terlepas dari baik dan buruk untuk bayi.

"Jika ibu sedang menyusui bayi yang demam, hal ini mungkin dikarenakan penyakitnya. Dan perubahan warna adalah hal yang baik," katanya seperti dikutip dari laman Global News.


Selain dikarenakan bayi yang sakit, perubahan warna ASI biasanya juga dipengaruhi pada apa yang Bunda makan dan minum. Tidak mengherankan, adakalanya, warna ASI Bunda akan terlihat hijau, merah muda, atau merah.

Bunda Wajib Simak! Penyebab Asi Berubah WarnaWarna ASI berubah/ Foto: iStock

Terkadang, sedikit darah bahkan bisa masuk ke dalam ASI dan memberinya warna cokelat atau karat. Perubahan warna ASI juga dapat berubah seiring waktu, dan bisa juga berubah selama satu hari atau bahkan dalam pemberian makan yang sama, seperti dikutip dari Very Well Family.

ASI Bunda bisa berubah jadi hijau setelah mengonsumsi makanan hijau atau makanan yang mengandung pewarna hijau. Adakalanya juga ASI Bunda berwarna merah muda atau oranye. Ini biasanya dikarenakan Bunda mengonsumsi makanan yang secara alami berwarna merah atau oranye seperti buah bit, soda jeruk, dan lainnya.

Kemudian, ASI juga kerap berwarna cokelat atau karat. Biasanya hal ini dikarenakan darah dari dalam payudara Bunda bocor ke saluran ASI, sehingga ASI terlihat berwarna cokelat, oranye gelap, atau berwarna karat.

Serta, adakalanya ASI Bunda bisa berwarna hitam dimana hal ini dikaitkan dengan antibiotik Minocin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Penggunaan Minocin sendiri tidaklah dianjurkan saat Bunda menyusui. Untuk itu, sangat penting untuk senantiasa memberitahukan dokter terlebih dulu sebelum Bunda mengonsumsi obat apa pun selama menyusui demi kesehatan Bunda dan buah hati.

Semoga membantu, Bun.

Tasya Kamila mengungkapkan perjuangannnya menyusi sang anak di awal-awal kelahirannya nih, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi