kehamilan

4 Tanda Pasti Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Siti Hafadzoh Rabu, 16 Oct 2019 10:59 WIB
4 Tanda Pasti Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan
Jakarta - Bunda sudah memasuki trimester ketiga? Tentu sudah tidak sabar ya menunggu kelahiran si kecil. Bunda juga mungkin sekarang sudah mencari-cari informasi tentangĀ tanda-tanda melahirkan nih sebagai persiapan.

Ada beberapa faktor yang bisa menandakan kalau Bunda akan melahirkan. Dilansir Parents, 4 tanda ini akan muncul ketika Bunda akan segera melahirkan.

1. Ketuban Pecah


Hanya sedikit wanita yang mengalami ketuban pecah sebelum adanya kontraksi yang teratur. Kalau pun ketubannya pecah, Bunda akan merasakannya sedikit demi sedikit, tidak langsung mengalir banyak karena kepala bayi menghalangi terlalu banyak cairan yang keluar.

Ketika ketuban pecah, berarti Bunda sebentar lagi melahirkan. Delapan puluh persen wanita melahirkan dalam jangka waktu 12 jam setelah ketuban pecah.

2. Keluar lendir dari vagina

Selama hamil, serviks tertutup oleh lendir. Secara alamiah, ini berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi, Bun.

Tapi, menjelang persalinan, serviks mulai melebar dan melunak. Lendir yang biasanya keluar, terkumpul menjadi gumpalan. Lendir yang keluar ini mungkin terlihat kecoklatan atau merah muda saat serviks terus menipis dan terbuka. Ini disebabkan oleh pembuluh darah pecah di permukaan serviks.

Setelah mengalami ini, persalinan bisa dalam hitungan jam. Tapi, bisa juga dalam waktu lama, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu lagi.

4 Tanda Pasti Ibu Hamil Akan Segera MelahirkanIlustrasi ibu mengalami kontraksi/ Foto: iStock
3. Kontraksi

Ketika persalinan dimulai, kontraksi akan mulai dari ringan, hingga semakin lama semakin sakit. Biasanya Bunda tidak akan bisa merasakan pergerakan bayi ketika kontraksi. Kontraksi mendorong kepala bayi ke bawah dengan perlahan dan membuka serviks.

4. Punggung terasa sangat sakit

Sakit punggung ini lebih parah dibandingkan yang biasa Bunda rasakan selama kehamilan. Rasa sakit ini terjadi karena pada beberapa kasus, kepala bayi yang akan lahir megenai tulang punggung ibu. Punggung yang terasa sakit ini merupakan tanda bahwa Bunda sebentar lagi melahirkan.

Nah, ketika tanda-tanda ini sudah muncul, Bunda harus mempersiapkan persalinan, Bun. Salah satu persiapannya menurut dr N. B. Donny A. M., Sp.OG atau dr Donny, jangan lupa teknik mengejan yang sudah dipelajari di senam hamil dan kelas persalinan.

"Sering lupa tuh, meskipun ikut senam hamil, diajarin cara mengejan, pas udah timbul mulesnya, lupa semua. Yang ada panik. Karena mengejan bukan asal mengejan saja. Kalau mengejannya tidak efektif, yang ada cuma capek doang, dan kalau salah bisa memecah pembuluh darah," jelas Donny.

Jadi, sebelum tanda-tanda melahirkannya muncul, persiapkan diri dulu yuk, Bun seperti yang sudah dokter Donny katakan tadi.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi