kehamilan

3 Tanda Melahirkan yang Berarti Bunda Harus Segera ke Rumah Sakit

Zika Zakiya Jumat, 11 Oct 2019 20:02 WIB
3 Tanda Melahirkan yang Berarti Bunda Harus Segera ke Rumah Sakit Ilustrasi tanda melahirkan/Foto: iStock
Jakarta - Perut Bunda sudah terasa tidak nyaman? Sudah terasa kram dan nyeri punggung? Wah, jangan panik, Bun. Ini mungkin memang sudah saatnya Bunda melahirkan.

Bunda seleb macam Shireen Sungkar pernah mengalami yang namanya ragu ke rumah sakit. Sebab, ia khawatir jika itu adalah kontraksi palsu. Tapi nyatanya, Shireen sudah waktunya melahirkan!

"Akhirnya mertua nggak tega lihat aku nungging terus kesakitan, maksa ke RS. Alhamdulillah sampe di RS ternyata benar udah pembukaan 4. Masya Allah,17.30 sampe di RS, jam 20.20 Dek Cut lahir," terang Shireen soal cerita melahirkan anak ketiganya di tahun 2018 silam.


Agar Bunda tidak mengalami ragu macam itu, simak tanda-tanda mau melahirkan berikut supaya bisa langsung berangkat ke Rumah Sakit.

3 Tanda Mau Melahirkan;

1. Waktu kontraksi dekat
Dikutip dari Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran karya dr.Miriam Stoppard, salah satu pertanda Bunda harus ke rumah sakit adalah dengan menghitung masa kontraksi yanng dekat.

"Jika selama lebih dari satu jam Anda mengalami kontraksi setiap 5 - 15 menit dengan panjang lebih dari satu menit dan tidak hilang juga saat Bunda bergerak," demikian tanda pertama siap melahirkan dan harus berangkat ke RS.

Ilustrasi tanda melahirkanIlustrasi tanda melahirkan/ Foto: iStock

2. Sakit tak tertahankan
Tanda melahirkan berikutnya adalah saat Bunda sudah tidak tahan lagi dengan sakitnya. Dengan sakit macam itu, Bunda seharusnya sudah mendapat bantuan penahan rasa sakit di RS.

Segera kontak RS tempat Bunda biasa memeriksakan diri. Jangan lupa juga kabari pihak keluarga, ada adik bayi yang bakal segera lahir!


3. Level pernapasan pertama tidak ampuh lagi
Melemaskan tubuh dan memusatkan perhatian perhatian pada pernapasan akan membantu menurunkan ketegangan jelang melahirkan. Pernapasan macam ini juga membantu dalam proses kontraksi.

Metode ini membuat Bunda membuang napas melalui mulut dengan tenang. Kemudian ambil napas kembali melalui hidung. Tapi jika metode ini sudah tidak lagi ampuh untuk menahan sakit, wah berarti sudah saatnya berangkat, Bun!

Kondisi dalam perjalanan

Bunda disarankan untuk memakai mobil, taksi, atau ambulans. Terpenting adalah Bunda tidak menyetir sendiri ya. Harus ada pendamping yang membantu Bunda menuju ke RS.

Bila mobil Bunda adalah mobil dengan ukuran besar, itu merupakan suatu kelebihan tersendiri. Sebab, Bunda akan semakin nyaman untuk duduk di kursi belakang.

Dan, apabila dalam perjalanan ternyata si kecil sudah tidak sabar mau keluar, maka Bunda harus tetap tenang. Apabila jarak ke RS sudah dekat, percepatlah perjalanan. Namun jika jarak masih jauh, segera berhenti dan telepon ambulans, Bunda harus bersiap melahirkan secara darurat.

Cerita melahirkan memang beragam, Bunda. Mohon diingat bahwa semua kelahiran memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Seperti cerita Bunda seleb Chikita Meidy di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi