kehamilan

Kenali Flek Darah Tanda Melahirkan & Waspada Persalinan Prematur

Muhayati Faridatun Minggu, 03 Nov 2019 13:30 WIB
Kenali Flek Darah Tanda Melahirkan & Waspada Persalinan Prematur
Jakarta - Saat Hari Perkiraan Lahir (HPL) semakin dekat, ibu hamil makin cemas menunggu persalinan tiba. Baiknya, ibu hamil kenali tanda-tanda akan segera melahirkan, salah satunya muncul flek darah.

Jadi ingat waktu Bubun hamil anak pertama. Saat 11 hari menuju HPL, Bubun sudah mulai kontraksi sejak malam hari. Sepanjang malam enggak bisa tidur, sampai pagi hari jarak antara kontraksi semakin dekat.

Sekira jam 7 pagi, Bubun telepon ke rumah sakit. "Sudah muncul flek belum? Kalau belum tunggu saja, kalau sudah muncul flek baru ke rumah sakit," kata perawat di ujung telepon.


Hanya selang beberapa menit, flek darah itu muncul. Bubun pun langsung ke rumah sakit ditemani suami. Saat dicek dokter, ternyata sudah pembukaan tiga. Beberapa jam kemudian, alhamdulillah Bubun melahirkan anak pertama berjenis kelamin perempuan.

Ya, seperti dijelaskan dr.Fredrico Patria, Sp.OG, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, flek darah adalah salah satu tanda ibu hamil akan segera melahirkan. Awalnya, flek tersebut berwarna coklat muda, lalu coklat, hingga berwarna seperti darah.

"Apabila ibu hamil mengalaminya, segera pergi ke rumah sakit atau rumah bersalin terdekat," begitu saran Fredrico.

Ilustrasi flek darah tanda melahirkanIlustrasi flek darah tanda melahirkan/ Foto: iStock
Dipaparkan juga dalam ulasan di Health Line, bercak vagina, terutama saat terjadi seiring peningkatan tekanan vagina, keputihan, dan kontraksi, sering dikaitkan dengan tanda-tanda melahirkan.

Tapi, kalau perdarahan vagina yang lebih serius dan menyebabkan rasa sakit, ibu hamil perlu waspada. Kondisi ini umumnya terjadi akibat masalah yang berkembang di dalam rahim. Berikut kondisi penyebab perdarahan vagina yang perlu diwaspadai:

1. Plasenta previa. Perdarahan terjadi ketika plasenta sebagian atau sepenuhnya menghalangi pembukaan serviks.

2. Solusio plasenta. Perdarahan terjadi ketika plasenta terlepas dari dinding bagian dalam rahim, sebelum melahirkan.

3. Persalinan prematur. Perdarahan terjadi saat tubuh ibu hamil menunjukkan tanda melahirkan sebelum 37 minggu kehamilan.

Bunda, simak juga penjelasan dokter tentang berhubungan seks saat usia kehamilan 7 bulan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi