menyusui

Amankan Ibu Menyusui Melakukan Detoks untuk Turunkan Berat Badan?

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 02 Nov 2019 10:29 WIB
Amankan Ibu Menyusui Melakukan Detoks untuk Turunkan Berat Badan?
Jakarta - Tak sedikit ibu menyusui kesal karena berat badannya tak kunjung turun, usai melahirkan. Berbagai cara dilakukan termasuk detoksifikasi. Hmm, kira-kira aman enggak ya untuk ibu menyusui?

Menurut Dr Jack Newman, penulis The Ultimate Breastfeeding Book of Answers, membersihkan tubuh dari racun atau detoksifikasi artinya kotoran dalam tubuh akan keluar secara alami termasuk dalam ASI.

"Ini merupakan informasi yang kurang mengenakkan karena sudah ada toksin dalam ASI. Tetapi, berita baiknya ialah bahwa hanya makan sayuran, buah-buahan dan beberapa makanan alami lainnya selama beberapa hari tidak akan meningkatkan toksisitas ASI," kata Newman dikutip dari laman Just the Facts Baby.


Selama menyusui, sah-sah sama seorang ibu memilih melakukan detoksifikasi. Sebab, detoks memang diketahui dapat membantu tubuh meningkatkan nutrisi yang baik untuk Bunda dan juga buah hati. Selain itu, detoks juga dapat menghilangkan gula, kafein, dan zat aditif lain yang dapat memperlambat metabolisme serta membakar energi.

Amankan Ibu Menyusui Melakukan Detoks untuk Turunkan Berat Badan?Menyusui dan detoks untuk kurus/ Foto: iStock

Dengan melakukan detoks, tubuh akan merasakan bagaimana rasanya tanpa gula, garam, dan kafein dalam jumlah tinggi. Dengan begitu, tubuh Bunda pun selalu berada di jalur yang sehat. Tentu saja ini merupakan hal yang baik dan sangat bermanfaat bagi Bunda dan buah hati.

Melansir The Coconut Mama, tips aman detoksifikasi saat menyusui yakni tetap menjaga tubuh terhidrasi. Hal ini penting untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan pasokan ASI serta menjaga energi. Tak hanya itu, ketika tubuh terhidrasi dengan baik akan memungkinkan ginjal dan usus melakukan pekerjaan secara maksimal, termasuk menghilangkan toksin atau racun dari tubuh Bunda.

Hal yang tak kalah penting ketika detoksifikasi saat menyusui, Bunda juga harus memenuhi kebutuhan istirahat dengan cukup. Serta, barengilah detoks Bunda dengan tambahan asupan yang sehat dan bebas pengawet dimana biasanya ditemukan dalam makanan olahan.

Sebab, asupan ibu menyusui yang tidak sehat dapat menghambat kemampuan alami tubuh dalam menurunkan berat badan. Sebaliknya, makanan alami akan mendukung penurunan berat badan secara maksimal serta memberikan nutrisi terbaik pada Bunda dan bayi yang sedang tumbuh.

Semoga membantu, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi