kehamilan

7 Tips Mengatasi Nafsu Makan Menurun Saat Hamil

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Nov 2019 14:01 WIB
7 Tips Mengatasi Nafsu Makan Menurun Saat Hamil Ilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Kehilangan nafsu makan kerap dialami ibu hamil di tiap semester. Penyebabnya beragam, bisa karena morning sickness atau indera penciuman sensitif.

Melansir dari Livestong, pada beberapa wanita, kehilangan nafsu makan puncaknya terjadi di trimester kedua. Biasanya ini akan berlanjut di trimester terakhir.

"Gejala kehilangan nafsu makan yang terjadi di trimester pertama bisa hilang di trimester kedua, dan muncul lagi di trimester terakhir," kata Dr.Raumon Poliakin penulis buku What You Didn't Think To Ask Your Obstetrician.


Di trimester terakhir, kehilangan nafsu makan bisa disebabkan tekanan janin di perut ibu. Kapasitas perut berkurang, menyebabkan ibu kesulitan makan banyak.

Banyak wanita khawatir nafsu makan yang menurun selama kehamilan akan berdampak negatif pada janin yang sedang berkembang. Poliakin mencatat bahwa beberapa wanita makan sedikit untuk menurunkan berat badan selama tiga bulan pertama kehamilan.

"Sebagian besar ibu hamil bisa pulih lagi dan menggantikan berat badan yang hilang selama sisa kehamilan," ujarnya.

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: Istock

Nafsu makan yang menurun tentu harus diatasi ya, Bunda. Mengutip Ovia Health, berikut 7 tips mengatasinya:

1. Jaga kesegaran rumah dan dapur

Penurunan nafsu makan sering dihubungkan dengan indera penciuman yang sensitif terhadap makanan atau kondisi tertentu. Menjaga rumah dan dapur tetap segar bisa membantu mencegah munculnya aroma tertentu yang bisa memicu berkurangnya selera makan.

Cukup dengan membuka satu atau dua jendela bisa membantu membiarkan udara segar masuk. Bisa juga menggunakan lilin aromaterapi seperti wangi lemon atau jeruk yang bisa menenangkan perut.

2. Makan sedikit tapi sering

Membagi 3 kali porsi makan yang besar menjadi kecil dan sering bisa membantu mengatasi nafsu makan menurun. Selain itu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dan mengembalikan energi ibu hamil.

3. Olahraga

Olahraga adalah cara alami untuk meningkatkan nafsu makan. Tubuh butuh menggantikan kalori yang terbakar saat olahraga dan akhirnya membuat kita mau makan.

4. Makan sedikit camilan

Camilan ringan yang sehat dapat membantu membuat perut terasa lebih baik sepanjang hari. Makan camilan bisa meningkatkan nafsu makan, Bun. Makanan mengandung protein tinggi seperti almond sangat efektif untuk mengurangi morning sickness.

5. Banyak minum air putih

Minum air putih sepanjang hari adalah cara terbaik untuk memastikan perut tidak benar-benar kosong. Air putih terbukti bisa mengatasi banyak masalah kehamilan, termasuk mengembalikan nafsu makan.

6. Konsumsi Jahe

Jahe dalam bentuk teh, permen, dan olahan lainnya bisa Bunda konsumsi untuk mengembalikan nafsu makan. Jahe dikenal bisa menenangkan perut, sebagai anti-mual, dan merupakan solusi yang paling direkomendasikan untuk mengatasi nafsu makan menurun pada ibu hamil.

7. Coba resep baru

Nafsu makan menurun saat hamil bisa saja disebabkan variasi makanan yang dikonsumsi terbatas. Saat hamil, wanita cenderung makan makanan yang sama, sehingga mudah untuk bosan.

Cobalah menu makanan baru di jadwal makan Bunda. Jangan khawatir, banyak kok variasi menu makanan sehat bernutrisi untuk ibu hamil..

Bunda, simak juga tips mengatasi kulit kering saat hamil di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi