kehamilan

Agar Persalinan Lancar, Sering-sering Senam Kegel Yuk Bunda

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Nov 2019 20:45 WIB
Agar Persalinan Lancar, Sering-sering Senam Kegel Yuk Bunda
Jakarta - Untuk melancarkan persalinan, bukan cuma mental yang harus disiapkan, tapi juga fisik. Nah, salah satu cara memperlancar persalinan adalah melakukan senam kegel, Bunda.

Senam kegel membantu menguatkan otot yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus. Mengutip WebMD, memperkuat otot-otot ini selama kehamilan, dapat menambah kemampuan untuk mengendalikannya dalam persiapan.

Senam ini juga sangat dianjurkan selama periode postpartum dan dapat dilakukan lima kali sehari. Menurut dr.Fredrico Patria, Sp.OG., dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, senam kegel awalnya diciptakan untuk mengatasi ketidakmampuan menahan buang air kecil (inkontinensia) kecil pada wanita.


"Gangguan kesehatan ini juga kerap terjadi setelah persalinan. Itulah mengapa senam ini masuk dalam salah satu gerakan senam hamil, karena dapat membantu persalinan normal lebih mudah," kata Fredrico.

Enggak hanya itu, Bun. Senam kegel memberikan manfaat kesehatan pada hubungan suami istri.

"Senam kegel dapat menguatkan otot-otot panggul yang memegang peranan dalam orgasme wanita," ujar Fredrico.

Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil

1. Mencegah robeknya perineum

2. Mengurangi risiko urinasi seperti inkontinensia setelah persalinan

3. Mengurangi risiko hemoroids (ambeien) pad wanita

4. Mempermudah proses persalinan karena gerakan senam kegel.

Ilustrasi senam hamilIlustrasi senam hamil/ Foto: thinkstock

Gerakan Senam Kegel

Latihan senam kegel dapat dilakukan dengan seperti saat Bunda menahan urine saat sedang buang air kecil, lalu dilepaskan perlahan. Cara lain dengan memasukkan jari dalam vagina, lalu lakukan gerakan menahan buang air kecil. Apabila jari terasa seperti terjepit, artinya otot akan segera digerakkan dan dilatih

Saat itu, gerakkan otot selama 3 sampai 10 detik dan lemaskan. Bernapaslah secara normal dan jangan sampai kaki, bokong, dan otot perut bergerak selama melakukan senam ini.

Simak juga cara menghitung usia kehamilan di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi