sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan Sumber Kalsium yang Bagus untuk Ibu Hamil

Siti Hafadzoh Minggu, 17 May 2020 08:06 WIB
Pregnant woman drinking glass of milk copy space. Young expectant lady enjoying healthy drink. Healthcare, nutrition, vitamins, pregnancy concept 7 Makanan Sumber Kalsium yang Bagus untuk Ibu Hamil/ Foto: istock
Jakarta -

Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh diri sendiri dan janinnya. Salah satu nutrisi yang harus terpenuhi selama hamil adalah kalsium.

Secara umum, orang membutuhkan 1000 miligram kalsium per hari (setara dengan tiga gelas susu). Sedangkan, wanita hamil dan menyusui butuh lebih dari 1200 hingga 1400 miligram per hari.

Kebutuhan ibu hamil akan kalsium meningkat pada trimester ketiga. Ketika itu, kerangka bayi berkembang pesat.


"Kerangka janin mendapatkan apa yang dibutuhkannya, tidak peduli apa pun, bahkan jika ia harus melepas zat penting dari tulang ibunya," kata Murray Favus, MD, direktur program tulang dan profesor kedokteran di University of Chicago dikutip dari Parents.

Kalau asupan kalsium kurang, bukan tidak mungkin tulang ibu akan melepas kalsium untuk dialirkan ke bayinya. Makanya, wanita hamil perlu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Dikutip dari Mom Junction, ini 7 makanan sumber kalsium untuk ibu hamil.

1. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk semua usia. Minum segelas susu di pagi hari cara yang baik agar tubuh tetap sehat.

Tak hanya susu murni, produk olahan susu seperti keju, yogurt, dan sebagainya juga sumber kalsium. Kalau Bunda tidak alergi, konsumsi susu secara rutin ya ketika hamil.

2. Kurma

Buah yang rasanya manis ini banyak diburu ketika Ramadhan. Siapa sangka? Ternyata kurma mengandung kalsium lho.

Fresh dates in a bowl top viewIlustrasi kurma/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

3. Pokcoy

Sayuran hijau yang satu ini adalah anggota keluarga kubis. Masakan cina biasanya menggunakan pokcoy untuk sayurannya. Jadi, kalau Bunda memiliki intoleransi laktosa, bisa mendapat kalsium dari sayur pokcoy.

4. Oatmeal

Bubur oat menjadi makanan yang tepat untuk memperoleh kalsium, riboflavin, karbohidrat, asam folat, potasium, dan sebagainya. Makanan ini merupakan sarapan sehat untuk memenuhi rasa lapar di pagi hari.

5. Almon

Kacang almon kaya akan kalsium dan vitamin E. Bunda dapat menambahkan kacang almon ke menu harian untuk melengkapi nutrisi selama hamil.

6. Brokoli

Brokoli dapat memberikan tubuh nutrisi berupa kalsium. Konsumsi brokoli untuk menu makan harian, Bun.

7. Tahu

Tahu adalah salah satu makanan super yang kaya akan kalsium untuk hamil. Selain itu, tahu juga mengandung magnesium, protein, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Simak penjelasan penyebab preeklampsia di video ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi