kehamilan

5 Penyebab Wajah Ibu Hamil Terlihat Lebih Glowing

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 Nov 2019 12:41 WIB
5 Penyebab Wajah Ibu Hamil Terlihat Lebih Glowing
Jakarta - Kehamilan merupakan anugerah untuk setiap wanita yang mengalaminya. Nah, tentunya terjadi banyak perubahan pada tubuh ketika hamil, bahkan salah satunya wajah yang kadang terlihat lebih bercahaya.

Mungkin Bunda pernah mendapat pujian karena wajahnya terlihat lebih glowing saat hamil? Ternyata hal ini ada penyebabnya lho.

Menurut dr.Yvonne Butler Tobah, M.D. banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pregnancy glow atau wajah terlihat seperti bercahaya ketika hamil. Salah satunya karena peningkatan volume darah.


"Perubahan kadar hormon juga dapat menyebabkan kelenjar kulit di wajah mengeluarkan lebih banyak minyak (sebum), yang dapat membuat kulit terlihat sedikit lebih bersinar," ujar Tobah, dilansir Mayo Clinic.

Namun, kata Tobah, tak jarang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pregnancy glow malah menjadi kelemahan. Misalnya, tingkat hormon yang berfluktuasi selama kehamilan mungkin membuat ibu hamil lebih rentan terhadap jerawat.

Lebih lanjut, dikutip dari Healthline, berikut 5 penyebab wajah ibu hamil terlihat lebih glowing.

1. Meningkatnya jumlah hormon

5 Penyebab Wajah Ibu Hamil Terlihat Lebih Glowing5 Penyebab Wajah Ibu Hamil Terlihat Lebih Glowing /Foto: iStock


Jumlah hormon yang meningkat selama kehamilan bisa membuat kulit jadi terlihat memerah. Ini menjadikan tampilan wajah lebih bercahaya. Hormon tersebut di antaranya estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin (hCG).

2. Peningkatan aliran darah

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil menghasilkan lebih banyak darah. Ini karena rahim dan organ vital membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung bayi yang sedang tumbuh. Peningkatan volume darah seperti itu juga melebarkan pembuluh darah ibu hamil dan membuat kulit terlihat memerah.

3. Peningkatan minyak di kulit

Beberapa wanita mengalami lebih banyak produksi minyak dari kelenjar sebum mereka, berkat fluktuasi hormon. Selain itu, banyaknya volume darah dapat meningkatkan sekresi minyak. Kulit ibu hamil mungkin sangat rentan jika sudah memiliki kulit berminyak atau kombinasi.

Ini dapat memiliki beberapa efek samping yang tidak diinginkan, seperti jerawat. Namun seiring dengan munculnya jerawat, kadar minyak yang meningkat juga dapat membuat wajah terlihat bercahaya.

4. Peregangan kulit

Dikombinasikan dengan peningkatan aliran darah dan perubahan hormon, peregangan kulit juga dapat membuat kulit ibu hamil lebih bersinar selama mengandung.

5. Ruam panas

Tidak jarang tubuh ibu hamil terasa lebih panas dari biasanya selama kehamilan. Hal ini karena ibu hamil tidak hanya berurusan dengan hormon tetapi berat ekstra yang dibawa untuk menopang bayi juga dapat meningkatkan suhu tubuh ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan ruam panas atau hot flashes, yang keduanya dapat menciptakan efek bersinar pada kulit.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi